Pelatih dan Pemain Optimistis Bonek Dukung Persebaya dari Rumah

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 26 Agustus 2021
Pelatih dan Pemain Optimistis Bonek Dukung Persebaya dari Rumah
Persebaya Surabaya percaya pendukung fanatiknya, Bonek, dapat mematuhi aturan dari pemerintah terutama Polri pada gelaran kompetisi Liga 1 2021/2022. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Kompetisi Liga 1 2021/2022 yang rencananya dilangsungkan pada 27 Agustus sudah mengantongi izin dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Kompetisi kasta tertinggi di Indonesia ini digelar tanpa dapat dihadiri langsung pendukung masing-masing tim kontestan.

Persebaya Surabaya yakin seluruh elemen sepak bola Indonesia, Bonek khususnya, dapat menjaga kepercayaan pemerintah terutama Polri.

Seperti diketahui, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, telah melakukan pertemuan secara virtual dengan para petinggi suporter, Selasa (24/8) kemarin. Dalam pertemuan tersebut, Menpora yakin para suporter bisa mematuhi aturan yang ada.

Meski merindukan dukungan langsung suporter, gelandang bertahan Persebaya, Muhammad Hidayat, juga menyampaikan optimisme yang sama dengan Menpora. Seperti diketahui, selain suporter dilarang hadir ke stadion, kegiatan nonton bareng (nobar) yang menimbulkan kerumunan juga tak diperbolehkan.

Baca Juga:

Persik Kediri Akui Bali United di Level Berbeda

Berpatokan Skuat, Umuh Muchtar: Keterlaluan jika Persib Tidak Juara

"Pastinya (terasa) kehilangan chant dan nyanyian saat suporter tidak hadir ke stadion. Apalagi, sejak saya datang ke Persebaya 2017 lalu, sudah sering merasakan stadion penuh oleh Bonek. Seperti ada yang kurang saat tidak ada nyanyian khas Bonek," ungkap Hidayat.

Gelandang asal Bontang tersebut lantas menghimbau seluruh pendukung Bajol Ijo untuk mematuhi peraturan dari pemerintah dan Polri yang bakal diterapkan oleh, PT Liga Indonesia Baru (LIB). Apalagi jadwal tiga pertandingan awal Liga 1 yang telah dirilis operator kompetisi akan ditinjau oleh Polri sebagai tolok ukur penerapan protokol kesehatan penyelenggaraan kegiatan olahraga.

"Saat ini yang terpenting kompetisi jalan dulu. Jadi, semua pihak harus sabar. Pemain dan suporter. (Pemain) tidak keluar hotel juga nggak masalah. Kan juga buat kebaikan kita juga. Dan, saya percaya Bonek pasti dukung dari rumah juga (selalu) menjaga protokol kesehatan," kata pemain yang akrab disapa Dayat itu.

Sementara itu, pelatih Persebaya Aji Santoso juga menuturkan optimisme senada dengan Hidayat dan Menpora. Gelaran kompetisi musim ini yang akan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat membuat pelatih 51 tahun itu berharap tinggi kepada seluruh elemen sepak bola Indonesia.

Dia berharap seluruh suporter di Indonesia menahan diri untuk berkumpul. Sebab, itu berdampak pada masa depan sepak bola tanah air.

"Kita wajib apresiasi pihak kepolisian yang telah mengeluarkan izin. Ini harus kita balas dengan kedisplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. Baik tim dan suporter, khususnya Bonek. Kita sudah pernah berhasil di Piala Menpora, jadi saya yakin kita semua bisa kembali mempertahankan rekor tidak adanya kluster sepak bola," tegas Aji. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1 Bonek Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan