Pelatih Bali United Stefano Cugurra Bicara Formasi dan Peran Libero di Liga Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 19 April 2020
Pelatih Bali United Stefano Cugurra Bicara Formasi dan Peran Libero di Liga Indonesia
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra. (Baliutd.com)

BolaSkor.com - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra angkat bicara mengenai perubahan strategi di Indonesia, terutama formasi bermain. Minimnya formasi dengan tiga pemain belakang tak lepas dari karakter libero yang sudah langka.

Formasi tiga pemain belakang menjadi andalan klub Indonesia dalam beberapa dekade. Dari 3-5-2, 3-4-3 hingga 3-6-1. Namun, setelah 2007, formasi tiga pemain belakang mulai ditinggalkan.

Stefano Cugurra mengatakan perubahan menjadi empat pemain belakang tak lepas dari langkanya pemain berkarakter libero. Teco, sapaan akrabnya, menyinggung sosok Bejo Sugiantoro yang punya kualitas sebagai libero.

Baca Juga:

Marc Klok Jawab Tantangan Fans, Juggling Durian

Penghentian Sepak Bola dan Kompetisi, Nova Arianto Sebut Tahun 2020 Paling Berat

"Saya pikir sekarang ini sudah tidak banyak pemain yang bisa bermain seperti libero," terang Teco.

"Untuk memakai formasi tiga di belakang harus ada libero bagus, seperti Baresi di AC Milan atau Italia dan Bejo saat Persebaya juara 2004," imbuh pelatih asal Brazil ini.

Teco pun ikut melewati masa perubahan ini. Saat menjadi pelatih fisik di Persebaya, formasi 3-5-2 kerap digunakan. Setelah Teco ke Thailand dan kembali ke Indonesia pada 2017, formasi 4-4-2 atau 4-2-3-1 lebih jadi favorit.

"Mayoritas tim Indonesia tahun 2003-2007 pakai sistem 3-5-1. Sekarang 2020 tidak ada yang pakai," jelas pria yang menukangi Bali United ini. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)

Stefano Cugurra Bejo Sugiantoro Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan