Pelajaran dari Piala Menpora, Kunci Persebaya Bantai Persib

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 09 Desember 2021
Pelajaran dari Piala Menpora, Kunci Persebaya Bantai Persib
Selebrasi Taisei Marukawa usai bobol gawang Persib Bandung. (LIB)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya meraih poin penuh usai melakoni laga klasik kontra Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman (8/12) malam. Pertemuan sebelumnya di turnamen pramusim, Piala Menpora 2021, menjadi pelajaran berharga bagi Persebaya. Tak tanggung-tanggung, Persebaya menang tiga gol tanpa balas atas Persib.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso menegaskan kemenangan tersebut tidak lepas dari strategi yang diterapkannya. Dia belajar dari kekalahan Persebaya atas Persib dengan skor 2-3 di babak perempat final Piala Menpora 2021 lalu.

Saat itu, gawang Persebaya bergetar tiga kali di babak pertama. Masing-masing melalui Ezra Walian pada menit pertama, Wander Luiz pada menit keenam, dan Nick Kuipers pada menit ke-37. Hal inilah yang lantas membuat Aji mewanti-wanti Muhammad Hidayat dkk. agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

"Jadi, saya menginstruksikan kepada pemain agar tidak terjadi gol cepat. Dan Alhamdulillah di babak pertama kita bermain dengan skor 0-0. Di babak kedua saya menginstruksikan kepada pemain untuk lebih agresif, berani menekan. Alhamdulillah di babak kedua kami bisa mencetak tiga gol," ujar Aji dalam sesi jumpa pers virtual usai pertandingan.

Baca Juga:

Dibantai Persebaya, Robert Alberts Sebut Pertahanan Persib Kocar-kacir

Hasil Liga 1: Persib Digilas Persebaya, Persik Menang Lagi

Menariknya, sepanjang babak pertama, Bajol Ijo terlihat lebih banyak ditekan. Bahkan, tim asal Kota Pahlawan itu gagal melepaskan satu pun tembakan ke gawang Persib. Lantas apa yang disampaikan Aji kepada pemain di jeda babak kedua? Dia mengaku sudah merencanakan strateginya sejak koin tos.

"Dalam latihan sudah kami instruksikan, jika menang (koin) tos, Persebaya harus memilih tempat. Dimana saya menginginkan Persib yang pegang bola lebih dulu sehingga kami dapat melakukan pressure tinggi. Dan itu yang kami lakukan," ungkap Aji.

"Saya menekankan kepada seluruh pemain begitu wasit meniup peluit tanda mulai pertandingan, anak-anak (langsung) saya suruh menekan. Karena saya ingin memberikan kejutan kepada Persib, karena pada pertemuan sebelumnya kami dikejutkan dengan tekanan mereka. Kali ini gantian kami melakukan pressure," sambung pelatih 51 tahun tersebut.

Lebih lanjut Aji juga menyebutkan jika gol-gol yang tercipta ke gawang Persib melalui proses latihan selama ini. Dia menyebutkan selama latihan banyak memoles kombinasi antar pemain di sepertiga pertahanan lawan dan running behind the opponent dan straight pass.

"Gol-golnya sesuai dengan apa yang kami lakukan di latihan. Banyak kombinasi di sepertiga pertahanan lawan dan running behind the opponent dan straight pass. Dan itu dilakukan oleh pemain, terutama gol ketiga (ada kombinasi) antara Marselino Ferdinan dan Taisei Marukawa," pungkas Aji.

Sementara itu, Taisei Marukawa menyatakan mempersembahkan kemenangan ini kepada Bonek dan Bonita. Gelandang asal Jepang itu menilai para pendukung Persebaya tersebut percaya tim kebanggaan mereka dapat mengalahkan Persib.

"Saya gembira kami bisa memenangkan pertandingan besar ini. Dan tidak hanya saya, kami (pemain) semua berjuang di laga ini," jelasnya.

"Dan saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh suporter Persebaya, Bonek dan Bonita. Mereka terus mendukung kami bahwa bisa memenangkan pertandingan ini. Jadi, motivasi kami begitu tinggi," tutup pemain berusia 24 tahun itu. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Persib Bandung Aji santoso Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.152

Bagikan