Pecat Antonio Conte, Keputusan Tottenham Hotspur Sudah Tepat

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 29 Maret 2023
Pecat Antonio Conte, Keputusan Tottenham Hotspur Sudah Tepat
Antonio Conte dan Fabio Paratici (Twitter)

BolaSkor.com - Satu setengah tahun lebih. Itulah waktu melatih Antonio Conte sebagai pelatih Tottenham Hotspur. Ia datang membesut tim pada 2 November 2021, menggantikan Nuno Espirito Santo, dan dipecat pada 26 Maret 2023.

Pada musim pertamanya melatih Tottenham, Conte (53 tahun) membawa Tottenham lolos Kualifikasi Liga Champions melewati Arsenal dan di musim kedua segalanya berubah, khususnya karena performa Tottenham angin-anginan.

Klimaksnya terjadi pada 18 Maret 2023 setelah laga Tottenham kontra Southampton berakhir imbang 3-3. Conte tak menahan ucapannya di sesi konferensi pers menilai pemain timnya egois, tidak berkomitmen, dan menilai 'budaya' klub di mana Tottenham tak terbiasa memenangi trofi.

Pro kontra muncul dan ada juga yang memahami maksud ucapan Conte, mengingat ia pelatih juara yang pernah sukses dengan Juventus, Chelsea, dan Inter Milan. Tetapi ada juga yang mengkritik Conte terlalu banyak mengeluh dan hal itu tak seharusnya diucapkan di depan publik.

Baca Juga:

Atas Kesepakatan Bersama, Antonio Conte Resmi Tinggalkan Tottenham Hotspur

Luis Enrique Cocok Latih Tottenham Hotspur

3 Calon Pengganti Antonio Conte di Tottenham Hotspur

Alhasil manajemen Tottenham tidak 'tidur' melihatnya dan mengambil keputusan mengakhiri kerja sama. Pasca pernyataan dari klub kini giliran Direktur Olahraga Tottenham, Fabio Paratici, angkat bicara.

Paratici kompatriot Conte karena sama-sama dari Italia dan pernah bekerja sama di Juventus. Menurutnya, perpisahan itu jadi keputusan bagus bagi kedua pihak. Paratici menilai tak mudah menjadi Conte dan ia mendoakan yang terbaik untuk kariernya di masa depan.

"Kami tahu betapa sulitnya musim ini baginya (Conte) secara pribadi. Gian Piero (Ventrone) meninggal, dan (Gianluca) Vialli dan (Sinisa) Mihajlovic, dan kemudian (Conte) menjalani operasi," papar Paratici dikutip dari Dailymail.

"Klub banyak mendukungnya tentang hal itu dan semua orang (mendukung) satu sama lain, tetapi kemudian kami mencapai kesepakatan bersama ini dan keputusan yang kami buat adalah keputusan yang tepat untuk semua pihak."

Paratici juga yakin pelatih interim yang ditunjuk, Cristian Stellini, dan dibantu Ryan Mason, dapat membangkitkan Tottenham. Stellini merupakan asisten pelatih Conte sebelumnya.

"Dia (Stellini) memiliki banyak pengalaman sebagai asisten pelatih dan telah menjadi pelatih (tim) utama beberapa tahun yang lalu," tambah Paratici soal Stellini.

"Tapi kemudian kami memiliki Ryan Mason yang bisa banyak membantunya, karena dia sudah lama menjadi bagian dari klub ini dan dia tahu segalanya tentang klub ini dan kelompok pemain ini."

"Jadi saya pikir kami benar-benar yakin bahwa dua orang ini dapat melakukan pekerjaan yang sangat baik."

"Para pemain tidak harus mengubah kebiasaan atau gaya latihan. Untuk mengubah segalanya dengan hanya 10 pertandingan tersisa akan sangat sulit bagi para pemain," terangnya.

Paratici juga tak mau membahas calon pelatih permanen Tottenham di masa depan. Saat ini klub dikaitkan dengan beberapa nama seperti Julian Nagelsmann, Mauricio Pochettino, hingga Luis Enrique.

"Kami tidak ingin berbicara tentang pelatih lain. Kami fokus dan sekarang berkonsentrasi untuk membantu Cristian, staf, Ryan, para pemain," papar Paratici.

"Saya pikir hari ini kami harus fokus pada skuad kami dan manajer kami karena ini adalah momen yang penting."

Antonio Conte Tottenham Hotspur Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.303

Bagikan