Piala Asia 2023

Nostalgia Timnas Indonesia di Piala Asia 2000 - Awal Mula Rochy Putiray Memikat Klub Hong Kong

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 08 Januari 2024
Nostalgia Timnas Indonesia di Piala Asia 2000 - Awal Mula Rochy Putiray Memikat Klub Hong Kong
Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2000. (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia mulai mudah melenggang ke Piala Asia setelah segel terbuka pada edisi 1996. Sayangnya, Piala Asia 2000 yang berlangsung di Lebanon menjadi perjalanan sulit bagi Aji Santoso dkk.

Indonesia terbilang sangat beruntung pada babak kualifikasi. Indonesia melaju ke babak utama tanpa menelan kekalahan. Pasalnya, lawan yang dihadapi di grup tujuh hanyalah Hong Kong dan Kamboja.

Rochy Putiray menggila pada fase ini. Bomber Persija Jakarta ini mencetak tujuh gol dalam empat pertandingan. Tiga gol tercipta ke gawang Hong Kong dan empat gol ke gawang Kamboja.

Baca Juga:

Menanti Gebrakan 'Young Guns' Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Demi Masa Depan Timnas Indonesia, Alasan Shin Tae-yong Bawa Skuad Termuda ke Piala Asia 2023

Aksi Rochy Putiray di Piala Asia 2000. (Screenshoot YouTube)

Kegilaan itu pada akhirnya tak sekadar membawa Indonesia jadi juara grup dengan 10 poin. Klub Instant Dict langsung menebus Rochy Putiray untuk bermain di Liga Hong Kong musim 2000-2001.

Maka, ketika Piala Asia 2000 berlangsung, Rochy merupakan satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang berasal dari klub luar negeri. Sementara 23 nama lain yang jadi anak asuh Nandar Iskandar berasal dari Liga Bank Mandiri.

Di pos penjaga gawang ada nama Hendro Kartiko, I Komang Putra Adnyana dan Sahari Gultom. Lalu, pos belakang ditempati Aji Santoso, Ismed Sofyan, Bejo Sugiantoro, Eko Purjianto, Djet Donald La'ala, Warsidi, Nuralim dan Slamet Riyadi.

Di sektor tengah, Nandar tak membawa Haryanto Tommy Prasetyo yang diandalkan di babak kualifikasi. Ia memilih I Putu Gede, Imran Nahumarury, Eduard Ivakdalam, Bima Sakti, Uston Nawawi dan Seto Nurdiyantoro.

Sementara sebagai bomber andalan, Rochy Putiray dipilih bersama Yaris Riyadi, Kurniawan Dwi Yulianto, Gendut Doni Christiawan dan wonderkid Persija Jakarta, Bambang Pamungkas.

Grup Super Berat

Piala Asia 2023 Timnas Indonesia Nostalgia Timnas Indonesia di Piala Asia 2000 Nostalgia Timnas Indonesia di Piala Asia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.154

Bagikan