Nathan Tjoe-A-On Bicara soal Adaptasi dan Harapan Debut di Swansea City

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 25 Oktober 2023
Nathan Tjoe-A-On Bicara soal Adaptasi dan Harapan Debut di Swansea City
Nathan Tjoe-A-On saat diperkenalkan sebagai pemain Swansea City. (Instagram.com/nathantjoeaon)

BolaSkor.com - Salah satu pemain diaspora yang disiapkan untuk dinaturalisasi menjadi pemain Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On, menceritakan proses adaptasinya di Swansea City. Dia mengaku masih berusaha untuk membiasakan diri.

Nathan didatangkan Swansea City pada awal musim ini. Sebelumnya, Nathan bermain di Eredivisie, kasta tertinggi Liga Belanda, bersama Excelsior.

Di Excelsior, Nathan tampil dalam 36 pertandingan di semua kompetisi. Pemain belakang berusia 21 tahun itu pun diboyong oleh Swansea City dengan biaya 348 ribu Euro atau sekira Rp5,8 miliar.

"Saya merasa senang di Swansea, emang agak berat di sini karena ini kali pertama saya pindah klub, pindah negara dan jauh dari rumah, jadi saya harus membiasakan diri dan adapasi," kata Nathan saat dihubungi wartawan.

"Sekarang kondisinya baik, sesi latihan juga berjalan dengan baik, saya mulai bisa menunjukkan kemampuan yang saya punya," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Terkesan dengan Sambutan dan Fanatisme Suporter, Nathan Tjoe-A-On Tak Sabar Bela Timnas

Sandy Walsh Ingin Bermain di Liga 1, Klub Mana yang Dituju?

Terkait dengan debutnya bersama Swansea City, Nathan mengaku belum mengetahui kapan kesempatan itu datang. Dia hanya berusaha untuk fokus memberikan yang terbaik saat sesi latihan.

Nathan sudah masuk skuad Swansea City di empat laga Championship (divisi kedua Liga Inggris), di antaranya saat bertemu Bristol City (2/9), Sheffield Wednesday (23/9), Plymouth (7/10), dan Watford (25/10). Namun, dia hanya 'menghangatkan' bangku cadangan.

"Saya sekarang fokus bekerja keras di sesi latihan dan mencoba menunjukkan ke pelatih bahwa saya dalam kondisi siap, siap setiap hari, jadi dia (pelatih) bisa percaya kepada saya dan dia memberikan debut ke saya, jadi hanya menunggu momennya."

"Soal kondisi tim, semuanya dalam kondisi baik. Ada pemain-pemain muda, banyak pemain baru, jadi semuanya bagus," ucap Nathan.

Nathan pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada suporter Timnas Indonesia yang selalu mendukungnya melalui media sosial. Dia merasa terharu dan bangga.

"Saya sangat menghargai kalian, saya tidak sabar bertemu kalian nanti, semoga saja," ucapnya.

Sebelumnya, Nathan sempat hadir langsung menyaksikan leg kesatu Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Timnas Indonesia dan Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10). Dalam kesempatan itu, Nathan bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Nama Nathan sendiri sudah diajukan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ke PSSI untuk dinaturalisasi. Di sisi lain, PSSI juga tengah memproses perpindahan kewarganegaraan bek Venezia, Jay Idzes, menjadi WNI.

Timnas Indonesia Swansea City Liga Inggris Breaking News Naturalisasi
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan