Moneyball Liverpool, Rekrut Bek Kanan untuk Saingi Trent Alexander-Arnold

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 17 Juni 2022
Moneyball Liverpool, Rekrut Bek Kanan untuk Saingi Trent Alexander-Arnold
Calvin Ramsay (Twitter)

BolaSkor.com - Musim lalu Liverpool bertarung di empat kompetisi untuk ambisi quadruple, namun pada akhirnya mereka tidak mewujudkannya tapi mengakhirinya dengan double winners Piala Liga dan Piala FA.

Jurgen Klopp terus berupaya untuk menjaga kekuatan Liverpool dengan merekrut pemain-pemain anyar. Persiapan itu terlihat dengan datangnya Darwin Nunez sebagai antisipasi kepergian Sadio Mane ke Bayern Munchen.

Kedatangan Nunez menjadi rekrutan kedua Liverpool di musim panas 2022, sebelum dia datang dari Benfica ada juga Fabio Carvalho yang diboyong dari Fulham. Liverpool terus merekrut pemain dan rekrutan ketiga pun datang.

Dia adalah bek kanan berusia 18 tahun, Calvin Ramsay. Liverpool merekrutnya dari klub Skotlandia, Aberdeen, dengan mahar transfer 6,5 juta poundsterling - rekor transfer untuk Aberdeen.

Baca Juga:

Resmi Gabung Liverpool, Darwin Nunez Ingin Menangi Banyak Trofi

Satu Kelemahan Darwin Nunez yang Layak Diperhatikan Liverpool

Darwin Nunez dan Rekam Jejak Bomber Uruguay di Premier League

Bagi Aberdeen, harga itu rekor transfer, tapi banderol itu tidak besar untuk Liverpool. Tak ayal setelah transfer Nunez yang mencapai 100 juta euro: 65 juta euro plus 35 juta euro bonus, transfer Ramsay kembali memperlihatkan sistem moneyball Liverpool.

Tak banyak yang mengira Liverpool akan mengamankan Calvin Ramsay, nama yang cukup asing bagi pecinta sepak bola Eropa. Tetapi Liverpool tidak akan merekrut sembarang pemain, seperti halnya Konstantinos Tsimikas (bek kiri asal Yunani).

Ramsay berposisi sebagai bek kanan dan ia direkrut untuk jadi pesaing bagi Trent Alexander-Arnold. Alexander-Arnold wajib waspada untuk selalu menjaga performanya, sebab Ramsay tidak hanya akan jadi pelapis baginya sekaligus pesaing.

"Sebagai full-back, menonton Trent dan umpan silangnya serta kemampuan teknisnya - jika saya bisa mencapai level itu maka itu akan menjadi bonus," katanya Ramsay seperti dilansir dari Sky Sports.

"Andy Robertson di Liverpool dan (Kieran) Tierney di Arsenal sangat brilian dan mereka adalah pemain yang saya kagumi, terutama karena mereka adalah full-back seperti saya. Saya merasa saya bisa terus melakukan itu juga."

Liverpool mengalahkan Bologna, Eintracht Frankfurt, dan Leeds United dalam perburuan Ramsay. Kepindahannya langsung ke Liverpool dan Premier League cukup mengejutkan, ia mengalahkan pendahulunya dalam membuat 'lompatan'.

Bisa dibayangkan kompatriotnya, Andy Robertson, terlebih dahulu mengembangkan karier di Hull baru kemudian pindah ke Liverpool. Kieran Tierney pun lama mengembangkan kariernya di Celtic sebelum ditransfer mahal ke Arsenal.

Liverpool melihat satu musim Ramsay di Aberdeen dengan 39 penampilan sudah cukup untuk merekrutnya.

Sebagai full-back, Ramsay - dikutip dari WhoScored - punya kelebihan dalam memberikan umpan silang, operan kunci, mengambil tendangan bebas, dribel bola, serta kemampuan menahan bola. Ramsay juga mengombinasikan umpan silang dengan operan bola saat melakukan overlap (naik membantu serangan).

Jim Goodwin, manajer Aberdeen, punya penilaian bagus mengenai Ramsay yang bisa jadi kabar baik untuk fans Liverpool.

"Sebelum Januari, Calvin mungkin adalah salah satu bek sayap muda terbaik di dunia, jujur saja. Itu tidak berlebihan," terang Goodwin.

“Statistiknya, datanya dalam hal jumlah serangannya, menempatkan umpan silang di dalam kotak sangat luar biasa."

"Dia mengalami sedikit penurunan dalam bentuk performa . Entah itu karena fokusnya terganggu pada bulan Januari dengan (isu transfer) apakah dia pindah atau tidak," pungkas Goodwin.

Trent Alexander-Arnold Liverpool Premier League Calvin Ramsay
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.327

Bagikan