Menpora Indikasikan Piala Dunia U-17 2023 Hanya di 4 Kota

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 01 Agustus 2023
Menpora Indikasikan Piala Dunia U-17 2023 Hanya di 4 Kota
Menpora Dito Ariotedjo saat diwawancara awak media. (Kemenpora)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengindikasikan Piala Dunia U-17 2023 hanya akan digelar di empat kota.

Indikasi ini terlihat dari inspeksi yang dilakukan FIFA pada 29 Juli sampai 1 Agustus. Delegasi badan tertinggi sepak bola dunia itu hanya mendatangi empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya.

Jakarta International Stadium atau JIS jadi stadion pertama yang disambangi oleh FIFA pada 29 Juli. Di hari yang sama, berdasarkan jadwal yang diterima BolaSkor.com, FIFA juga melakukan pengecekan terhadap Lapangan ABC, Stadion Madya Gelora Bung Karno, dan Stadion Soemantri Brodjonegoro, yang disiapkan sebagai venue pendamping.

Kemudian pada tanggal 30 Juli, FIFA melakukan inspeksi terhadap sejumlah stadion dan lapangan di kawasan Bandung Raya, di antaranya adalah Lapangan ITB (Sabuga), Lapangan Sidolig, Lapangan Batununggal, Lapangan IPDN, Lapangan Unpad, Stadion Arcamanik, dan Stadion Si Jalak Harupat.

Baca Juga:

Jelang Piala Dunia U-17, FIFA Inspeksi Stadion GBT, Thor dan Gelora 10 November

Stadion Sidolig Jadi Fasilitas Piala Dunia U-17, Persib Diminta Bantu Pemeliharaan

Enam lapangan yang disebutkan di awal disiapkan sebagai tempat latihan, sedangkan Stadion Si Jalak Harupat adalah venue utama. FIFA melanjutkan inspeksinya ke Surabaya (31/7) dan Solo (1/8) sebelum meninggalkan Tanah Air pada 2 Agustus.

"Jadi ini nanti akan dilaporkan setelah kunjungan ini di seluruh stadion. Kita akan membuat ulasan key point key point apa yang sekiranya perlu disempurnakan di stadion ini," kata Menpora Dito.

"Kayaknya iya (inspeksi FIFA hanya di empat kota). Kalau dari penjelasan pak Ketua Umum PSSI (Erick Thohir) sementara dilihat potensi yang di (Pulau) Jawa dulu, karena melihat (Piala Dunia) U-17 'kan dari segi logistik dan transportasinya, ya begitu," tutur Politisi Partai Golkar itu.

Diketahui, PSSI mengajukan delapan stadion sebagai venue untuk Piala Dunia U-17. Enam dari delapan stadion itu tadinya disiapkan untuk ajang Piala Dunia U-20, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). Adapun dua stadion tambahan adalah Jakarta International Stadium (JIS) dan Stadion Pakansari (Bogor).

Menpora Piala Dunia U-17 Pssi Dito Ariotedjo Fifa Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan