Mengenal Bisht, Jubah Hitam yang Dipakai Lionel Messi saat Terima Trofi Piala Dunia

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 19 Desember 2022
Mengenal Bisht, Jubah Hitam yang Dipakai Lionel Messi saat Terima Trofi Piala Dunia
Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Lionel Messi terlihat berbeda ketika mengangkat trofi Piala Dunia 2022. Sang megabintang mengenakan jubah warna hitam yang diberikan oleh Emir Qatar, Tamim Bin Hamad Al Thani.

Lionel Messi mewujudkan mimpinya menjadi juara Piala Dunia 2022. Ia tidak membuang kesempatan setelah gagal pada Piala Dunia 2014.

Bersua Prancis di laga puncak, Messi tampil brilian. La Pulga mengemas dua di antara tiga gol Argentina. Selain itu, pada adu tendangan penalti eksekusi Messi juga tidak meleset.

Argentina pun unggul 4-2 pada babak adu tendangan penalti. Sebelumnya, kedua tim bermain sama kuat 3-3.

Baca Juga:

16 Fakta Menarik Argentina Juara Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Surat Terbuka Pele untuk Lionel Messi, Argentina, Maroko, dan Kylian Mbappe

Berubah Pikiran, Lionel Messi Urung Pensiun Usai Menangi Piala Dunia 2022

Menariknya, pada momen penyerahan trofi, Lionel Messi sebelumnya diberikan jubah hitam transparan. Rupanya, pakaian itu bernama Bisht.

Menurut laporan Indiana Express, bisht merupakan jubah yang terbuat dari bulu unta dan wol kambing. Pakaian itu biasa digunakan oleh negara-negara Arab pada acara khusus.

Itu adalah pakaian yang dikenakan keluarga kerajaan atau pemimpin agama. Momen Messi mengangkat trofi pun dipandang sebagai acara spesial,sehingga layak mengenakan bisht.

Lebih lanjut, Arab News melaporkan jika bisht adalah jubah panjang tradisional Arab yang dikenakan pria di atas thobes mereka.

"Jubah itu biasanya terbuat dari wol dan warnanya antara putih, krem, cokelat, abu-abu, atau hitam yang lebih gelap. Kata bisht berasal dari Persia yang berarti berjalan di punggung seseorang," tulis Arab News.

Sebelumnya, bisht merupakan pakaian milik orang Badui dan Bedouins yang merupakan suku pengembara di Jazirah Arab. Pakaian tersebut berguna untuk menghangatkan pada musim dingin dan musim hujan.

Menurt National Clothing, harga bisht bisa sangat mahal, tergantung dari bahan yang digunakan. Apalagi, biasanya terdapat aksen emas, perak, atau tembaga yang disematkan. Harga bisht ada yang mencapai Rp82,9 juta.

Namun, bukan berarti pemakaian bisht kepada Messi tidak mengundang polemik. Melihat lini masa media sosial, sejumlah pihak melayangkan kritik karena menganggap bisht justru menutupi seragam Argentina. Selain itu, ada yang mengartikan pemakaian bisht sebagai unsur pemaksaan.

Serba-Serbi Piala Dunia 2022 Piala dunia 2022 Breaking News Timnas Argentina Lionel Messi
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.722

Bagikan