Menarik Benang Merah Rip Curl Cup Padang Padang dengan Sport Tourism di Bali

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 30 Juli 2018
Menarik Benang Merah Rip Curl Cup Padang Padang dengan Sport Tourism di Bali
Rip Curl Cup Padang Padang (Rip Curl)

BolaSkor.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggenjot sektor pariwisata, satu di antaranya melalui olahraga. Cara tersebut memang masih terdengar asing di telinga pada beberapa tahun lalu. Namun, sulit dimungkiri olahraga masih beririsan dengan pariwisata.

Secara garis besar, pariwisata dalam suatu daerah dapat ditingkatkan dengan beberapa cara yakni pariwisata perjalanan, rekreasi, kebudayaan, urusan dagang hingga olahraga.

Lantas, pertanyaan yang mucul adalah apakah pariwisata olahraga atau yang lebih beken dengan istilah sport tourism tepat digunakan di Indonesia?

Menurut penulis buku pariwisata, James J. Spillane, ada dua aspek yang bisa menjadi andalan dalam sport tourism. Pertama, daerah tersebut harus menggelar turnamen olahraga besar untuk mendatangkan pengunjung dari luar negeri. Adapun cara lainnya adalah menyediakan tempat berlatih.

Saat ini, kita tidak bisa menutup mata jika Bali masih menjadi daerah favorit bagi turis mancaranegara. Hal itu dibuktikan dengan statistik yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik.

Sejak awal 2018, bandar udara I Gusti Ngurah Rai menjadi pintu masuk tersibuk di Indonesia. Tercatat, pada Mei 2018, 802.827 wisatawan mancanegara yang datang ke Bali.

Bali memang punya sejuta pesona bagi para turis mancanegara. Selain faktor alam, kebudayaan pulau Dewata juga menjadi satu di antara faktor yang mengambil peran.

Selain itu, bila kita melihat dari sisi sport tourism, saat ini Bali berada satu langkah di depan wilayah lain. Di sana, para wisatawan asing akan mudah menemukan objek wisata yang berkaitan dengan olahraga. Meskipun, pada daerah lain di Indonesia juga punya agenda sport tourism yang menonjol seperti Tour de Singkarak.

Tidak hanya berkaitan dengan infrastruktur, Bali juga punya beberapa turnamen olahraga yang telah terkenal hingga mancanegara. Satu di antara yang paling dinanti adalah Rip Curl Cup Padang Padang.

Rip Curl Cup Rip Curl Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.546

Bagikan