Menanti Kejutan Zlatko Dalic, Pelatih Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 01 November 2022
Menanti Kejutan Zlatko Dalic, Pelatih Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022
Zlatko Dalic dan timnas Kroasia (Twitter)

BolaSkor.com - Dalam lima tahun terakhir timnas Kroasia menjadi tim yang cukup sering memberikan kejutan. Bahkan saat ini ranking FIFA tim berjuluk Vatreni naik tiga peringkat dan berada di urutan 12 - masih cukup jauh dari peringkat tiga pada 1999.

Kendati demikian dalam periode tersebut Kroasia mengalami peningkatan dan itu terjadi pada era kepelatihan Zlatko Dalic, pelatih berusia 56 tahun yang juga pernah berkarier sebagai pemain dan posisi gelandang bertahan.

Kroasia hanya sekali kalah pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan memuncaki klasemen grup, finish satu poin di atas Rusia dan juga berada di atas Slovakia, Slovenia, Siprus, dan Malta untuk bermain di Piala Dunia ketiga beruntun mereka.

Dalic jadi suksesor Ante Cacic pada 2017 setelah sebelumnya melatih klub Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Al Ain. Dalic langsung membawa Kroasia finish sebagai runner-up alias menjadi finalis pada Piala Dunia 2018 Rusia (kalah 2-4 lawan Prancis).

Baca Juga:

Jadwal Bergulirnya Premier League, Serie A, dan LaLiga Usai Piala Dunia 2022

Dikonfirmasi Agen, Paul Pogba Resmi Absen di Piala Dunia 2022

Komputer Super Prediksi Piala Dunia 2022: Duel Messi Vs Ronaldo di Final

Perjalanan Kroasia pada 2018 spesial karena mereka tim kuda hitam yang terus melaju, menyingkirkan Denmark, Rusia, dan Inggris untuk mencapai final. Sayang pada Piala Eropa 2020 perjalanan mereka hanya mencapai 16 besar.

Kroasia finish sebagai runner-up di fase grup yang juga berisikan Inggris tapi kalah melawan Spanyol di fase gugur (3-5 di babak tambahan). Tapi di laga tersebut mentalitas dan determinasi negeri Balkan terlihat jelas: tidak memberikan kemudahan untuk Spanyol.

Tetapi satu hal yang layak diingat juga adalah Dalic berhasil membawa Kroasia ke final UEFA Nations League musim ini, dan mereka akan bermain di fase final. Kroasia menyingkirkan tim-tim kuat seperti Denmark, Prancis, dan Austria.

Karier Zlatko Dalic

Zlatko Dalic (54 tahun) memulai karier sebagai pelatih di mantan klubnya, Varteks, dan membawa klub ke final Piala Kroasia di mana mereka kalah dari Rijeka. Dalic kemudian mengambilalih Rijeka pada 2007, sebelum pindah ke Dinamo Tirana dan Slaven Belupo jelang kariernya di Timur Tengah.

Dalic di sana melatih klub-klub Arab Saudi, Al-Faisaly dan Al-Hilal, kemudian tiga tahun di UEA dengan Al-Ain. Di sana ia memenangi titel dan mencapai final Liga Champions Asia. Pengalamannya itu akan berharga baginya mengetahui kultur sepak bola Timur Tengah, cuaca, kondisi, karena Piala Dunia 2022 dimainkan di Qatar.

Kelebihan dari Dalic adalah memaksimalkan kualitas pemain di dalam skuadnya dan melebur dalam permainan kolektif. Kroasia punya pemain dengan kualitas individu di atas rata-rata seperti Ivan Perisic, Luka Modric, dan Mateo Kovacic, tetapi ia mampu membuat mereka bermain kompak.

Piala Dunia 2022 bisa jadi kans terakhir bagi generasi emas Kroasia untuk unjuk gigi karena pemain seperti Modric, Perisic, Kovacic, Andrej Kramaric, Domagoj Vida, Dejan Lovren tidak lagi muda. Kroasia berada di grup E bersama dengan Belgia, Maroko, dan Kanada.

Kroasia Timnas Kroasia Zlatko Dalic Sosok
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.155

Bagikan