Formula 1

Max Verstappen Juara GP Jepang, Red Bull Finis Satu-Dua

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 07 April 2024
Max Verstappen Juara GP Jepang, Red Bull Finis Satu-Dua
Max Verstappen (twitter/redbullracing)


BolaSkor.com - Juara dunia tiga kali Max Verstappen memenangi Grand Prix Jepang, Minggu (7/4). Verstappen mengungguli rekan setimnya, Sergio Perez, untuk membuat Red Bull finis di posisi satu dan dua.

Verstappen gagal finis di Grand Prix Australia dua pekan silam, tetapi ia mengendalikan seluruh jalannya balapan di Suzuka setelah mengawalinya dari posisi start terdepan dan mencatatkan kemenangan ketiganya dari empat Grand Prix musim ini.

Pembalap Belanda itu finis dengan keunggulan 12,535 detik atas Perez. Perez sendiri finis di posisi kedua dengan mengungguli pembalap Ferrari Carlos Sainz yang berada di posisi ketiga.

Verstappen kembali ke penampilan terbaiknya setelah mengalami masalah rem di Melbourne, yang membuat ia gagal menyelesaikan balapan untuk pertama kalinya dalam rentang waktu dua tahun.

Baca Juga:

Ditinggal Hamilton, Mercedes Masih Incar Verstappen

'Hidup Gila' Carlos Sainz Akhiri Dominasi Max Verstappen

Ia start dari pole position untuk keempat kalinya dalam empat balapan musim ini, dan mengukuhkan dominasinya di balapan ini dengan mengungguli Perez sejak tikungan pertama.

Verstappen mengatakan pada pekan ini bahwa Suzuka merupakan salah satu sirkuit favoritnya, dan ia kini telah tiga kali secara berturut-turut memenangi Grand Prix Jepang.

Sainz yang finis di posisi ketiga, unggul atas rekan setimnya di Ferrari, Charles Leclerc.

Pembalap McLaren Lando Norris, berada di posisi kelima, mengungguli Fernando Alonso yang membalap untuk Aston Martin.

Pembalap Mercedes George Russel mengungguli Oscar Piastri untuk berada di posisi ketujuh, sedangkan Lewis Hamilton menduduki posisi kesembilan untuk Mercedes.

Pembalap tuan rumah Yuki Tsunoda berada di posisi kesepuluh untuk Red Bull. Ia mencatatkan poin untuk pertama kalinya pada grand prix di kandang sendiri.

Balapan itu sempat diwarnai bendera merah pada lap kedua, setelah pembalap Daniel Ricciardo dan Alex Albon asal Williams saling bertubrukan.

Sayap depan mobil Albon terjepit di bagian belakang mobil Ricciardo saat mereka berduel untuk mencari posisi terbaik, dan keduanya membentur tembok pembatas. Setelah itu, kedua pembalap itu harus keluar dari balapan.

Persaingan di antara pembalap sisanya kemudian diteruskan, dan Verstappen melaju kencang untuk meninggalkan Perez.

Leclerc sempat mengambil alih posisi terdepan setelah Verstappen masuk pit pada lap ke-17, namun ia mampu merebut kembali posisi itu empat lap kemudian.

Verstappen dan Perez bersaing keras untuk merebut posisi terdepan, sehingga Norris berjuang keras mempertahankan posisi ketiga dari dua pembalap Ferrari. Sayangnya keputusan yang keliru dari Norris membuat pembalap McLaren itu gagal finis di podium.

Formula 1 akan dilanjutkan dua pekan lagi di Grand Prix China, di Shanghai. Itu akan menjadi pertama kalinya Formula 1 berlangsung di China sejak 2019, sebelum kemudian negara itu tidak dipilih menjadi tuan rumah akibat pandemi.

Max Verstappen Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.297

Bagikan