Manchester City Dominasi Pemenang Penghargaan UEFA

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 01 September 2023
Manchester City Dominasi Pemenang Penghargaan UEFA
Aitana Bonmati dan Erling Haaland (Twitter)

BolaSkor.com - Hasil undian fase grup Liga Champions 2023-2024 telah dilakukan di Grimaldi Forum, Monaco, pada Kamis (31/08) malam WIB. Tidak hanya mengundi fase grup, Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) juga mengumumkan pemenang penghargaan.

Tiga penghargaan yang diumumkan adalah Pelatih Terbaik, Pemain Terbaik Putra, dan Pemain Terbaik Putri. Selain itu ada juga Penghargaan Presiden.

Pemenang dua kategori pertama didominasi oleh juara bertahan Liga Champions, Manchester City, yang juga meraih treble winner musim lalu.

Pada kategori Pelatih Terbaik dimenangi oleh Pep Guardiola. Pelatih asal Spanyol tidak hadir di acara karena masih dalam pemulihan. Guardiola menempati urutan teratas di atas Luciano Spalletti, Simone Inzaghi, dan Roberto De Zerbi.

Baca juga:

Hasil Undian Babak Grup Liga Champions: Manchester United Bersua Bayern Munchen, Milan Masuk Grup Neraka

8 Fakta Menarik Usai Manchester City Kalahkan Inter di Final Liga Champions

Pembagian Pot dan Potensi Lawan di Fase Grup Liga Champions 2023-2024

Adapun daftar pelatih yang masuk kandidat dipilih oleh tim teknik UEFA, untuk kemudian tiga urutan teratas dipilih oleh juri yang berisikan pelatih-pelatih klub yang bermain di fase grup Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League musim lalu, serta pelatih-pelatih timnas yang merupakan anggota UEFA.

"Cara tim asuhan Guardiola menyapu bersih semuanya sama mengesankannya dengan perolehan trofi mereka."

"City mencetak tidak kurang dari 151 gol di semua kompetisi, hanya kurang dari 2,5 gol per pertandingan, dan rata-rata menguasai 63,6 persen penguasaan bola di setiap pertandingan yang mereka mainkan pada musim 2022-2023," demikian pernyataan dari UEFA.

Sementara untuk kategori Pemain Terbaik dimenangi oleh Erling Haaland, penyerang Manchester City yang musim lalu mencetak 52 gol dari 53 laga di seluruh kompetisi. Haaland mengalahkan Lionel Messi, Kevin De Bruyne, dan Ilkay Gundogan pada penghargaan tersebut.

Lalu, untuk pemenang penghargaan Pemain Terbaik Putri diraih oleh Aitana Bonmati, gelandang timnas Spanyol dan juga pemain Barcelona. Ia membantu klub meraih Liga Champions dan juga trofi Piala Dunia di level internasional.

Terakhir, untuk pemenang penghargaan Presiden adalah legenda asal Jerman, Miroslav Klose. Adapun penghargaan ini diberikan untuk pencapaian yang besar, profesional sejati, dan juga kualitas personal yang memukau.

"Sepanjang sejarah sepak bola yang hebat, nama-nama tertentu bersinar dengan aura keunggulan yang sulit ditiru. Salah satu nama tersebut adalah Miroslav Klose," tutur Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

"Dari awal yang sederhana hingga menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah Piala Dunia, perjalanan Klose bukan hanya sebuah bukti pada tekad dan keterampilan, tetapi juga sportivitas yang melampaui batas-batas profesionalisme dan olahraga itu sendiri."

"Perilaku dan tekadnya untuk membela apa yang benar menjadi teladan bagi generasi atlet di seluruh dunia," urainya.

Pemenang Penghargaan UEFA:

Pemain Terbaik Putra: Erling Haaland - Manchester City
Pemain Terbaik Putri: Aitana Bonmati - Barcelona
Pelatih Terbaik Putra: Pep Guardiola - Pep Guardiola
Pelatih Terbaik Putri: Sarina Wiegman - Pelatih Timnas Inggris
Penghargaan Presiden: Miroslav Klose

Liga Champions Manchester City Pep Guardiola Erling Haaland
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.335

Bagikan