Manajemen Madura United Salah Perhitungan, Fabio Lefundes Beri Jawaban Bijak

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 04 Desember 2022
Manajemen Madura United Salah Perhitungan, Fabio Lefundes Beri Jawaban Bijak
Selebrasi pemain Madura United. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Kompetisi Liga 1 2022/23 bakal bergulir kembali dan direncanakan mulai 5 Desember. Walau terkesan mendadak, nyaris seluruh tim sudah siap kembali melanjutkan kompetisi yang sempat tertunda pasca Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu.

Tetapi kepastian tanggal tersebut sama sekali tak pernah diprediksi manajemen Madura United. Mereka masih sangat santai saat desas-desus kembalinya menguat dan memilih tetap meliburkan tim.

Alberto Goncalves dkk. baru saja memulai pemusatan latihan pada 1 Desember lalu. Artinya, mereka hanya punya waktu efektif sebanyak tiga hari lantaran sudah ditunggu PSIS Semarang di Stadion Manahan, Solo, awal pekan depan.

Pelatih Madura United, Fabio Lefundes mengakui akan sangat berat melakukan persiapan dalam waktu yang sangat singkat tersebut. Meski begitu, ia tetap yakin para pemain bisa bertindak profesional selama libur kemarin.

Baca Juga:

Bertanding 6 Kali dalam 17 Hari, Rotasi Jadi Opsi Mutlak Persik Kediri

Jelang Liga 1 Berlanjut, Zanadin Fariz Punya Bekal Baru dari Spanyol dan Turki


"Setelah satu bulan kami libur, akhirnya mulai latihan lagi. Ini keputusan dari manajemen dan kami hormati. Kami sudah bikin program untuk mereka agar tetap latihan di rumah supaya mereka tidak turun fisiknya," jelasnya.

Pelatih berusia 50 tahun itu mengakui bila manajemen salah memperhitungkan waktu kembalinya liga. Ia mendapatkan informasi jika kompetisi tak akan digelar sampai akhir Desember. Tetapi nyatanya, semua itu salah besar.

"Waktu itu manajemen ambil keputusan untuk libur, yang saya dapat kami latihan Januari. Setelah saya dapat info (terbaru) tentu kaget. Tapi saya tidak mau buru-buru, saya tahu apa yang harus kami lakukan," jelasnya.

"Manajemen sudah berorientasi kami untuk libur satu bulan dan ternyata kami harus balik cepat. Saya kembali bekerja dan latihan lagi dengan pemain. Saya harus kasih info ke mereka harus berbuat apa dan percaya," imbuh pria asal Brasil tersebut.

Dengan kondisi yang sulit tersebut, peluang Madura United untuk tetap bersaing di papan atas tentu menurun. Tetapi, Lefundes enggan terburu-buru menilai situasi yang belum terjadi saat ini.

"Dari 18 tim di Liga 1, cuma satu yang libur. Jadi ada 17 tim yang berada di kondisi berbeda. Jadi (tidak tahu) ke depannya, kita lihat apakah strategi dari manajemen Maudra United itu baik atau bagaimanan nantinya. Jadi biar waktu yang akan bicara," tandasnya. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama/Madura)

Madura united Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan