Maju Pemilihan Komite Eksekutif NOC Indonesia, Josephine Tampubolon Bawa Misi 'Gender Equity'

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 16 Juni 2023
Maju Pemilihan Komite Eksekutif NOC Indonesia, Josephine Tampubolon Bawa Misi 'Gender Equity'
Wasekjen III NOC Indonesia, Josephine Tampubolon, maju dalam pemilihan Komite Eksekutif NOC Indonesia periode 2023-2027. (NOC Indonesia/Mochammad Rifqi)

BolaSkor.com - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) III Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Josephine Tampubolon, maju dalam pemilihan Komite Eksekutif (KE) NOC Indonesia periode 2023-2027.

Josephine Tampubolon sudah mendaftarkan diri dan memenuhi semua persyaratan sebagai calon KE NOC Indonesia. Ia pun membeberkan alasan mengapa maju untuk menjadi KE NOC Indonesia.

"Saya udah terjun di dunia olahraga sejak 2013. Makin hari, makin cinta sama olahraga. Banyak yang bisa saya pelajari di sini. Di sini banyak yang saya dapat. Saya belajar diplomasi olahraga dengan cara yang baik dan positif. Seperti peraturan olahraga dan lainnya," ungkap Josephine kepada BolaSkor.com.

Menurutnya, tujuan utama dirinya maju sebagai KE NOC adalah untuk Indonesia. "Kami di sini tak memperjuangan kelompok atau orang. Saya kan dari PB PJSI (Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia), dan arahan dari Ketum PB PJSI Letjen TNI Maruli Simanjuntak agar saya bekerja pakai hati.

Baca Juga:

Dewan Penasehat IWbA Zaenal Asikin Maju dalam Pemilihan Komite Eksekutif NOC Indonesia

Kantungi 70 Persen Suara, RSO-IN Optimistis Raih Kemenangan

NOC Indonesia
Wasekjen III NOC Indonesia, Josephine Tampubolon, maju dalam pemilihan Komite Eksekutif NOC Indonesia periode 2023-2027. (NOC Indonesia/Mochammad Rifqi)

Pesan yang disampaikan Letjen Maruli itu, lanjut Josephine, selalu melekat pada dirinya. Dan itu sudah dilakukan selama 10 tahun berkecimpung di dunia olahraga.

Perempuan yang dikenal enerjik dan cekatan itu memgaku ingin membawa misi gender equity atau keadilan gender di NOC Indonesia. Ia ingin porsi perempuan makin banyak dan berpengaruh di dunia olahraga.

"Saya ingin NOC Indonesia berjuang di panggung dunia. Saya berkomunikasi dengan nasional federasi untuk mencari jalan agar prestasi atlet Indonesia makin maju. Kebetulan sekarang saya Wasekjen NOC Indonesia. Kami juga sedang carikan beasiswa untuk sekolah akademis. Olahraga bukan hanya soal prestasi tapi akademis mesti kami pikirkan. Masa depan mereka penting dan setelah jadi atlet perlu kami pikirkan," katanya.

Gander equity, kata dia, artinya atlet perempuan perempuan dan laki jumlahnya harus sama. Dia merasa harus terus menyuarakan itu agar cita-cita olimpiade tercapai. Perwakilan perempuan harus 30 persen di setiap nasional komite. Harus sesuai dengan Olympic Charter harus sama 50-50. Tak boleh dibedakan.

"Karena itu saya butuh teman-teman untuk mendukung saya di NOC Indonesia," tutupnya.

Sebagai informasi, Kongres NOC Indonesia dengan agenda pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Komite Eksekutif periode 2023-2027 akan digelar di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta pada Jumat (30/6).

Josephine lantas mengungkapkan strateginya agar bisa terpilih menjadi KE NOC Indonesia. Salah satunya adalah menjalin komunikasi yang baik dengan sejumlah cabor. Menurutnya, komunikasi yang baik sudah dilakukan terjaga selama 4 tahun menjadi Wakil Sekjen NOC Indonesia.

NOC Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.159

Bagikan