Liga 2 2023/2024 Dibagi 4 Grup, Delapan Tim Bakal Terdegradasi

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 16 Agustus 2023
Liga 2 2023/2024 Dibagi 4 Grup, Delapan Tim Bakal Terdegradasi
Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Ferry Paulus mengatakan format Liga 2 musim 2023/2024 sudah disepakati. Kompetisi kasta kedua di Tanah Air itu bakal dijalankan dengan format empat grup pada babak penyisihan.

"Setiap grup isinya masing-masing tujuh. Kemudian tiga tim teratas di tiap grup (masuk babak) 12 besar," kata Ferry Paulus saat ditemui di Lapangan A Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).

Tim yang menempati peringkat 4 sampai 7 dari setiap grup bakal bertanding lagi di babak 16 besar kecil. Babak ini untuk menentukan klub mana saja yang bertahan di Liga 2 dan terdegradasi ke Liga 3.

"(Dua) ranking terbawah dari masing-masing grup, gugur atau degradasi. Jadi ada delapan tim degradasi," tutur Ferry Paulus.

Untuk babak 12 besar, PT LIB juga bakal membaginya ke dalam tiga grup. Artinya masing-masing grup diisi oleh empat tim. Setiap juara grup berhak melaju ke semifinal.

"Satu tiket semifinal lainnya didapat dari runner-up terbaik," ucap mantan Direktur Olahraga Persija Jakarta tersebut.

Baca Juga:

Kick Off Liga 2 2023/2024 Awal September, Kuota Pemain Asing Dua

Tak Ikut Campur Format Liga 2, Erick Thohir Tugasnya Cuma Cari Sponsor

Ferry Paulus mengatakan seluruh pertandingan di Liga 2, mulai dari babak penyisihan, 12 besar, dan 16 besar kecil bakal dimainkan normal. Artinya, home and away.

"Jadi total pertandingannya itu di grup atas (12 besar) ada total 12 pertandingan. Kemudian fase di bawahnya (16 besar kecil) ada 6 pertandingan. Home and away. Ada empat tim di empat grup saling ketemu kandang dan tandang. jadi totalnya 18 pertandingan."

"Nah yang di atas (12 besar) juga sama. Ada tambahan 6 pertandingan di tiga pool. Kemudian juara masing-masing grup dan runner-up terbaik itu lolos ke semifinal dan final. Jadi ada tambahan empat pertandingan lagi. Semuanya home and away, termasuk final," jelas Ferry.

Ferry mengatakan format ini akan dibawa ke pihak kepolisian dalam rangka pengajuan izin. Rencananya pertemuan dengan kepolisian dijadwalkan pada Jumat (18/8).

Ferry berharap pertemuan dengan kepolisian berjalan lancar. PT LIB menginginkan Liga 2 kick off sebelum FIFA Matchday pada 4-12 September 2023.

"Untuk kick off rentang waktunya antara 3-10 September. Iya (sebelum FIFA Matchday)," ujar pengusaha asal Manado tersebut.

PT Liga Indonesia Baru PT LIB Liga 2 Pssi Ferry paulus Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan