Kualifikasi Piala Eropa 2024: Bak Bumi dan Langit, Level Prancis Berbeda dengan Belanda

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 25 Maret 2023
Kualifikasi Piala Eropa 2024: Bak Bumi dan Langit, Level Prancis Berbeda dengan Belanda
Virgil van Dijk (Twitter)

BolaSkor.com - Realita pahit harus diterima timnas Belanda kala bermain di Stade de France, markas timnas Prancis, Sabtu (25/03) dini hari WIB. Pada laga pertama grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024, Belanda dipermak dengan skor telak 0-4.

Antoine Griezmann (2'), Dayot Upamecano (8') mencetak satu gol dan dua gol lainnya dicetak Kylian Mbappe (21' 88'). Belanda praktis tak bisa merespons gol-gol tersebut dan hanya unggul penguasaan bola (59').

Belanda juga menciptakan 11 tendangan (lima tepat sasaran). Bahkan Der Oranje juga punya satu peluang emas mencetak gol dari tendangan penalti, tetapi tendangan Memphis Depay diantisipasi dengan baik oleh kiper Prancis, Mike Maignan.

Dari pertandingan itu terlihat jelas level bermain Prancis, yang notabene juara Piala Dunia 2018, jauh di atas Belanda. Kapten Belanda, Virgil van Dijk, tak menahan kala mengkritik timnya.

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024: Inggris Kalahkan Italia, Portugal Berpesta Gol

Prancis 4-0 Belanda: Awal Meyakinkan Les Bleus

Kualifikasi Piala Eropa 2024: Mancini Akui Sulit Cari Penyerang untuk Timnas Italia

"Jika Anda tertinggal 0-2 setelah tujuh menit, itu akan menjadi pekerjaan yang luar biasa (sulitnya). Sangat buruk bagaimana kami mulai di sini," ucap Van Dijk seperti dilansir dari Mirror.

"Kemudian Anda akan mengejar fakta sepanjang malam. Kami pasti harus melihat ini. Sulit untuk menganalisis begitu cepat setelah pertandingan, tetapi setelah tujuh menit itu sudah selesai."

"Saya tidak tahu apakah itu pertandingan internasional terburuk yang pernah saya alami. Itu sudah jelas pukulan besar. Kami mencoba untuk pulih setelah awal yang buruk itu, tetapi kami tidak berhasil. Kami kehilangan terlalu banyak bola dan terlalu lemah dalam duel. Prancis segera menghukumnya."

Sederhananya, bek Liverpool itu melihat Prancis lebih baik dari sisi permainan kala bertahan dan juga bermain ofensif, plus memiliki sederet bintang kelas dunia dalam skuad.

"Yang menyakitkan adalah gol pertama dan keempat datang dari kesalahan pertahanan, dan, tentu saja, itu juga tergantung pada kualitas Mbappe," tambah Van Dijk.

"Kami telah mengidentifikasi bahwa kami harus sangat berhati-hati dengan permainan ini, dan kami tidak memberikan perhatian yang cukup."

"Prancis adalah tim yang sangat kuat. Mereka lengkap, sangat fisik, cepat, terutama dalam menyerang, dan memiliki pemain kelas dunia di semua sektor. Dan kami belum sampai ke sana," urainya.

Kesempatan Belanda arahan Ronald Koeman untuk meninggalkan jeda internasional ini dengan hasil bagus masih terbuka lebar. Belanda akan menjamu Gibraltar pada laga dua grup Kualifikasi Piala Eropa 2024 pada Selasa (28/03) 01.45 WIB. Laga dihelat di De Kuip.

Piala Eropa 2024 Kualifikasi Piala Eropa 2024 Virgil van Dijk Prancis Timnas Prancis Belanda Timnas Belanda
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.831

Bagikan