Kontroversi Pemilihan Kylian Mbappe sebagai Kapten Timnas Prancis

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 22 Maret 2023
Kontroversi Pemilihan Kylian Mbappe sebagai Kapten Timnas Prancis
Kylian Mbappe (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Prancis tanpa kapten pasca Hugo Lloris memutuskan pensiun setelah Piala Dunia 2022. Menilik skuad Les Bleus arahan Didier Deschamps, ada beberapa pemain senior yang layak masuk ke dalam kandidat tersebut.

Pemain itu seperti Olivier Giroud atau Antoine Griezmann, namun alih-alih menunjuk salah satu di antara mereka Deschamps punya keputusan berbeda. Deschamps memilih penyerang berusia 24 tahun, Kylian Mbappe sebagai kapten baru Prancis.

"Kylian Mbappe kapten baru Les Blues. Antoine Griezmann jadi wakil kapten. Kylian memilih segala yang dibutuhkan untuk mengemban tanggung jawab itu. Di dalam lapangan dan kehidupan grup dengan menjadi elemen yang menyatukan," ucap Deschamps menuturkan alasan memilih Mbappe jadi kapten baru.

Keputusan itu kabarnya menjadi kontroversi yang tidak diterima oleh Griezmann, pemain senior berusia 32 tahun yang sudah memiliki 117 caps dan 42 gol untuk Prancis. Menurut laporan dari Goal, Deschamps terlebih dahulu memberitahu Mbappe soal keputusannya itu sebelum Griezmann mengetahuinya.

Baca Juga:

Petualangan Olivier Giroud Berlanjut dengan AC Milan dan Timnas Prancis

Didier Deschamps Pilih Kiper Utama dan Kapten Baru Prancis

Presiden FFF Dinilai Tak Respek kepada Zinedine Zidane, Real Madrid Buat Pernyataan

Dikabarkan Griezmann kecewa dengan keputusan Deschamps dan itu bisa memengaruhi hubungan keduanya, bahkan dengan potensi ia pensiun dari timnas Prancis.

"Pilihan logis? Jujur saja, tidak. Mengingat kelanggengannya, apa yang dilakukannya selama bertahun-tahun, saya berharap itu (kapten) dimiliki Griezmann. Itu (penunjukan Mbappe) kurangnya respek kepada Antoine," papar eks pemain timnas Prancis, Robert Pires.

Selain itu penunjukan Mbappe sebagai kapten juga diragukan beberapa pihak, menilik kepada fakta Mbappe pernah ribut dengan Giroud di Piala Eropa 2020 atau di Paris Saint-Germain (PSG), dengan kabar dirinya yang tidak dekat dengan Neymar atau Lionel Messi.

Meski begitu penunjukan itu tidak selamanya jadi kabar buruk, seperti yang dituturkan Ibrahima Konate, bek Prancis yang bermain di Liverpool.

“Bahkan jika saya memiliki suara dalam hal ini, itu tidak akan mengubah apapun. Itu keputusan pelatih tapi saya sangat senang. Sejujurnya, Kylian pantas mendapatkannya. Kami sepakat dalam hal ini. Dia pantas mendapatkannya dengan apa yang dia lakukan di Piala Dunia dan juga dengan PSG," tutur Konate soal penunjukkan kapten baru timnas Prancis.

"Dia pemimpin yang sangat baik, di dalam dan di luar lapangan. Dia adalah anak muda yang suka tertawa dan bersenang-senang, tidak lebih. Dia orang yang sangat baik."

"Beberapa orang mungkin berpikir dia sombong. Itu adalah sesuatu yang ditanyakan kepada saya di klub saya dan di tempat lain. Kepada mereka, saya mengatakan 'Apakah Anda gila? Dia sangat baik.' Tentu saja, dia akan menjadi kapten yang baik."

Konate juga membantah tudingan apabila Griezmann mengambek karena keputusan Deschamps tersebut. "Saya tak melihatnya (Griezmann) kecewa. Selain itu hari ini hari ulang tahunnya," urai Konate.

Kylian Mbappe Timnas Prancis Antoine Griezmann
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan