Kompetisi Antarklub Asia Akan Diubah, Piala AFC Dihapus

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 16 Agustus 2023
Kompetisi Antarklub Asia Akan Diubah, Piala AFC Dihapus
Logo AFC. (AFC)

BolaSkor.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) berencana mengubah sistem kompetisi antarklub Benua Kuning. Nantinya, tidak ada lagi Piala AFC.

Perubahan ini akan dimulai pada kompetisi 2024/2025. Hal ini diputuskan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) AFC terbaru yang diumumkan pada hari Senin (14/8).

Nantinya, kompetisi antarklub Asia ada Liga Champions Asia Elite (AFC Champions League Elite, ACLE) sebagai kasta tertinggi, lalu Liga Champions Asia 2 (AFC Champions League 2, ACL2), dan AFC Challenge League (ACGL).

ACLE diikuti 24 tim. Sedangkan ACL2 diikuti 32 tim. Lalu ACGL diikuti 20 tim.

Baca Juga:

Bima Sakti Akui Welber Jardim Punya Kualitas

Dicari Striker, Bek Kiri, Sayap Kanan-Kiri untuk Timnas Indonesia U-17

AFC juga memutuskan untuk meningkatkan hadiah ACLE menjadi 12 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp184 miliar. Pada Liga Champions Asia 2023/2024 ini, total hadiah mencapai 4 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp61,3 miliar.

"Kedua kompetisi ACL2 dan ACGL juga akan ada peningkatan hadiah dan keuntungan," tulis keterangan resmi AFC.

Tak hanya itu, AFC juga memutuskan akan menggelar AFC Women's Champions League atau Liga Champions Wanita.

"Kompetisi klub kami sudah termasuk yang terbaik dan paling menguntungkan di sepak bola Kontinental, dan hari ini AFC memulai era baru dan bersejarah dengan inisiatif berwawasan ke depan ini di sepak bola klub pria dan wanita Asia.

"AFC telah menguraikan ambisinya untuk memastikan tim dan pemain kami terus bersinar melalui kompetisi kelas dunia dan sebagian besar dari ambisi ini berlabuh pada janji kami untuk berinvestasi kembali dalam kompetisi kami, yang merupakan urat nadi pengembangan untuk semua Asosiasi Anggota kami," kata Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa dalam pernyataannya.

"AFC selalu memegang keyakinan bahwa kami memiliki kewajiban untuk menghargai kesuksesan dan peningkatan hadiah uang dan kontribusi perjalanan dalam beberapa tahun terakhir menciptakan dampak yang bertahan lama pada klub kami dan kami yakin bahwa reformasi strategis dan model pendanaan baru akan semakin meningkatkan intensitas, perawakan dan kualitas permainan klub Asia."

"Liga Champions Wanita AFC adalah langkah besar yang sejalan dengan strategi kami untuk menyediakan platform untuk menampilkan bakat para pemain wanita di pentas Kontinental dan kami yakin bahwa kompetisi ini akan memberdayakan wanita di sepak bola Asia, berkontribusi pada kesetaraan gender dan mendobrak hambatan sosial, untuk memberikan dampak positif pada pertumbuhan permainan wanita."

Afc Piala AFC Liga Champions Asia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.022

Bagikan