Klub Shayne Pattynama KAS Eupen Terdegradasi dari Liga Utama Belgia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 06 Mei 2024
Klub Shayne Pattynama KAS Eupen Terdegradasi dari Liga Utama Belgia
Shayne Pattynama gabung KAS Eupen. (Instagram)

BolaSkor.com - Pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama, gagal menyelamatkan klubnya, KAS Eupen, dari jurang degradasi. KAS Eupen menempati peringkat terakhir di babak play-off degradasi.

Shayne Pattynama bergabung dengan KAS Eupen pada Februari 2024. Ia didatangkan dari klub Norwegia, Viking FK, dengan status free transfer karena kontraknya habis di klub tersebut.

Shayne Pattynama menandatangani kontrak berdurasi 2,5 musim di KAS Eupen. Artinya, pemain 25 tahun itu dikontrak sampai akhir musim 2025/2026.

Sayangnya, di musim pertamanya dengan KAS Eupen, Shayne Pattynama harus menerima pil pahit. Ia gagal menyelamatkan timnya dari ancaman degradasi.

Di babak reguler Liga Pro Belgia atau Jupiler Pro League, KAS Eupen menempati peringkat 14 dari 16 tim. Dari 30 laga, klub yang bermarkas di Kehrwegstadion itu hanya meraih 7 kemenangan, 3 kali imbang, dan menelan 20 kekalahan.

Baca Juga:

Roberto Mancini Nilai 4 Pemain Timnas Indonesia U-23 Layak Bermain di Liga Italia

Digelar Tertutup, Begini Cara Menyaksikan Pertandingan Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea

Indra Sjafri Konfirmasi Jens Raven Didatangkan untuk Timnas Indonesia U-20

Hasil itu membuat KAS Eupen harus mengikuti babak play-off degradasi dengan format kandang-tandang bersama tiga tim terbawah lainnya, yakni Sporting Charleroi, Kortrijk, dan RWD Molenbeek. Di babak ini, KAS Eupen tampil melempem.

Dari lima laga, KAS Eupen hanya bisa meraup satu poin, yakni saat menjamu Kortrijk di kandang sendiri pada 7 April 2024. Di empat laga lainnya, KAS Eupen menelan kekalahan, masing-masing 1-3 dari RWD Molenbeek (13/4), 0-1 dari Sporting Charleroi (22/4), 1-2 dari Sporting Charleroi (27/4) dan 0-1 dari Kortrijk (6/5).

Saat melawan Kortrijk, Shayne Pattynama tampil sebagai starter, sebelum ditarik keluar pada menit 76. Total, musim ini Shayne mencatatkan lima penampilan bersama KAS Eupen dengan total 193 menit bermain.

Dengan sisa satu pertandingan melawan RWD Molenbeek pada 11 Mei nanti, KAS Eupen yang baru meraih 25 poin sudah tidak bisa lagi mengejar poin yang dikumpulkan Sporting Charleroi (42).

Dengan demikian, musim depan KAS Eupen akan berkompetisi di divisi kedua Liga Belgia, sekaligus memutus catatan delapan tahun beruntun eksis berlaga di Jupiler Pro League.

Sebagai informasi tambahan, KAS Eupen juga pernah diperkuat oleh Jordi Amat, rekan Shayne Pattynama di Timnas Indonesia. Jordi bermain untuk KAS Eupen selama tiga musim, dari musim 2019-2020 sampai 2021-2022. Dari tiga musim itu, Jordi Amat mencatatkan total 86 penampilan.

Timnas Indonesia Shayne Pattynama Liga belgia Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.436

Bagikan