Kilas Balik 30 April: Martapura FC vs Persebaya, Kontroversi Takluknya Bajol Ijo

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 30 April 2020
Kilas Balik 30 April: Martapura FC vs Persebaya, Kontroversi Takluknya Bajol Ijo
Martapura Vs Persebaya. (Twitter Persebaya)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya melakoni pertandingan kedua Grup 5 Liga 2 2017. Anak asuh Iwan Setiawan menyambangi Stadion Demang Lehman yang menjadi markas Martapura FC, 30 April 2017. Persebaya tak hanya takluk tetapi juga tercoreng dengan aksi kontroversial pelatih Iwan Setiawan.

Green Force membawa bekal kurang baik dalam lawatan ke Kalimantan Selatan. Pasalnya di laga pertama Persebaya ditahan imbang oleh tamunya, Madiun Putra FC, di Stadion Gelora Bung Tomo. Sementara Martapura tidak pernah kalah di kandangnya selama 3 tahun terakhir.

Rekor mentereng itu sempat berpeluang akan dipecahkan Persebaya. Tim asal Kota Pahlawan ini memimpin lebih dulu melalui gol indah Misbakus Solikin pada menit kedelapan. Tetapi Macan Gaib, julukan Martapura FC, akhirnya menenggelamkan Persebaya melalui dua gol Muhammad Aidil Bogel pada menit 77 dan 90.

Baca Juga:

Nostalgia - Kemenangan Arema atas Pelita Jaya Tercoreng Gol Kontroversial

Nostalgia - Akhir Manis Persebaya Surabaya pada 2017

Sejumlah kontroversi turut mewarnai laga itu. Skuat Persebaya sempat protes lantaran salah satu gol tim tuan rumah belum melampaui garis gawang. Kontroversi lainnya ada tambahan waktu yang tidak sesuai, hingga ada seseorang mencurigakan di pinggir lapangan yang meng-“intervensi” jalannya pertandingan.

Kekalahan itu membuat Green Force menjadi penghuni dasar klasemen dengan satu seri dan satu kalah. Tentu saja, dua hasil buruk memicu kekesalan Bonek. Ribuan Bonek yang hadir langsung di Martapura bereaksi. Para Bonek mengecam Iwan Setiawan saat tim akan memasuki bus untuk kembali ke hotel. “Iwan out! Iwan out!” terus digemakan ribuan Bonek.

Iwan Setiawan. (persebaya.id/Jawa Pos)

Pelatih kelahiran Medan itu terpancing. Ia menunjukan gestur menantang Bonek dan sempat akan memukul Bonek. Sambil terus mengomel Iwan mengacungkan jari tengah ke arah Bonek dari dalam bus. Tak berhenti di situ, malamnya di hotel tempatnya menginap, kembali terjadi insiden dengan Bonek.

Keesokan harinya, 1 Mei 2017, saat Persebaya kembali ke Surabaya, Iwan tidak terlihat bersama rombongan. Atas insiden ini, Presiden Persebaya, Azrul Ananda, memberi skors kepada Iwan Setiawan tidak boleh mendampingi skuat dan denda Rp 100 juta atas tindakannya.

Rangkuman Pertandingan

Susunan Pemain:

Martapura FC: 22- Ali Budi Raharjo; 23- Ady Setiawan, 6- Agus Cima (C)/3- Haris Hardiansyah (52’), 5- Erwin Gutawa, 26- Fahreza Agamal; 91- Mohamad Arozi, 14- Gideon Marshell Clementino Huwae, 17- Rifan Nahumarury, 28- Zulfikar Ali Mustaqim Ohorella/21- Sandi Pratama (52’); 7- Muhammad Aidil Bogel, 16- Qischil Gandrum Minny/99- Uko Wahyu (63’)

Kartu Kuning: -

Kartu Merah: -

Pelatih: Frans Sinatra Huwae

Persebaya Surabaya: 33- Miswar Saputra; 3- Abdul Aziz, 44- Andri Muliadi, 88- Rachmat Latief, 31- Kurniawan Karman/96- Muhammad Hidayat (68’); 22- Abu Rizal Maulana, 7- Moh. Sidik Saimima, 23- Mei Handoko Prastiyo/18- Siswanto (38’), 6- Misbakus Solikin/27- Ridwan Awaluddin (90’), 12- Rendi Irwan Saputra (C); 41- Irfan Jaya

Kartu Kuning: Rendi Irwan Saputra (36’)

Kartu Merah: -

Pelatih: Iwan Setiawan

Wasit: Ahmad Tuharea (Maros)

Asisten Wasit 1: Edi Permana

Asisten Wasit 2: Napso Watono

Wasit Cadangan: Ginanjar Rahman Latief

(Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Iwan setiawan Persebaya surabaya Liga 2 Martapura FC Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan