Ketum PSSI Besarkan Hati Skuat Timnas U-17 yang Gagal ke Piala Asia U-17 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 10 Oktober 2022
Ketum PSSI Besarkan Hati Skuat Timnas U-17 yang Gagal ke Piala Asia U-17 2023
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mencoba menguatkan mental Skuat Timnas Indonesia U-16/U-17 yang dipastikan gagal berlaga di putaran final Piala Asia U-17 2023.

Bagi Iriawan, para pemain Timnas Indonesia U-17 sudah menunjukkan usaha dan kerja kerasnya di empat pertandingan babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, pada 1-9 Oktober 2022.

Iriawan pun meminta Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan untuk tidak patah semangat dengan kegagalan ini. Menurutnya, mereka sudah berusaha memberikan penampilan serta hasil terbaik untuk bangsa dan negaranya.

"Pemain sudah berjuang, tapi hasil berkata lain, inilah sepak bola. Namun perjalanan masih panjang, masih banyak turnamen-turnamen internasional yang akan diikuti mereka," kata Iriawan.

Iriawan berharap kegagalan merebut satu tiket ke putaran final Piala Asia U-17 2023 bisa dijadikan pelajaran berharga untuk bisa berprestasi di turnamen internasional lainnya.

"Tim U-17 ini bisa menjadi cikal bakal Timnas Indonesia mendatang. Kami berharap pemain memetik pelajaran di turnamen ini, cepat bangkit, dan terus bekerja keras," tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Baca Juga:

Kalah Selisih Gol dari Laos, Indonesia Gagal Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Pemain Timnas Indonesia U-17 Harus Berpikir Positif Hadapi Kritik

Timnas Indonesia U-17 gagal merebut satu tiket otomatis ke putaran final Piala Asia U-17 2023 usai kalah telak 1-5 dari Malaysia di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (9/10) malam WIB.

Hasil ini sangat antiklimaks. Sebab, dalam laga tersebut Timnas Indonesia U-17 sebetulnya hanya butuh hasil imbang untuk jadi juara Grup B.

Timnas Indonesia U-17 juga gagal bersaing di perebutan posisi enam runner-up terbaik. Timnas Indonesia U-17 (-3) kalah selisih gol dari Laos (-2) dan Thailand (-1). Padahal ketiga tim mempunyai poin 3 dari 2 laga.

Dalam regulasi, ada beberapa Grup yang berisikan 5 hingga 4 tim. Sedangkan Grup J hanya berisikan 3 Tim.

Dengan begitu, Grup B yang dihuni Timnas Indonesia U-17 hanya dihitung hasil dua pertandingan. Dua pertandingan melawan tim di posisi keempat dan kelima klasemen tidak dihitung.

Laga Timnas Indonesia U-17 melawan Guam (14-0) Dan Palestina (2-0) tidak dihitung. Hanya laga Skuat Garuda Muda melawan Uni Emirat Arab (3-2) dan Malaysia (1-5) yang dihitung.

Sedangkan grup yang dihuni empat tim, hasil laga melawan tim yang berada di dasar klasemen tidak dihitung.

Maka dari itulah Laos Dan Thailand yang berhak memperoleh dua tiket terakhir dari enam tiket lolos ke Piala Asia U-17 2023 sebagai runner-up terbaik. Empat tim lainnya adalah Korea Selatan, China, Afghanistan, dan India.

Timnas Indonesia U-16 Timnas Indonesia U-17 Pssi Mochamad Iriawan Kualifikasi Piala Asia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.464

Bagikan