Pemain Timnas Indonesia U-17 Harus Berpikir Positif Hadapi Kritik

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 10 Oktober 2022
Pemain Timnas Indonesia U-17 Harus Berpikir Positif Hadapi Kritik
Para pemain Malaysia U-17 mencoba menghibur pemain Timnas Indonesia U-17. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16/U-17, Bima Sakti, mengingatkan para pemainnya untuk tidak terpengaruh dengan komentar warganet usai kekalahan telak 1-5 dari Malaysia pada laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (9/10) malam WIB.

Kekalahan itu membuat Timnas Indonesia U-17 harus menyerahkan posisi puncak klasemen Grup B kepada Malaysia. Tim Harimau Malaya Muda pada akhirnya mendapatkan satu tiket otomatis ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

"Untuk (kritik di) media sosial, saya pikir ini wajar. Saya sudah sampaikan ke mereka semua. Ya mereka tanggapi saja dengan positif. Mereka ini harapan untuk sepak bola kita ke depannya untuk berprestasi. Mereka jangan terpengaruh dengan kritikan, jadikan motivasi buat mereka," kata Bima Sakti.

Adapun hasil pertandingan menghadapi Malaysia U-17 ini sangat antiklimaks. Sebab, dalam laga tersebut Timnas Indonesia U-17 sebetulnya hanya butuh hasil imbang untuk jadi juara Grup B.

Baca Juga:

Kalah Selisih Gol dari Laos, Indonesia Gagal Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Timnas Indonesia U-17 Dibantai Malaysia U-17, Bima Sakti Minta Maaf

Timnas Indonesia U-17 juga gagal bersaing di perebutan posisi enam runner-up terbaik. Timnas Indonesia U-17 (-3) kalah selisih gol dari Laos (-2) dan Thailand (-1). Padahal ketiga tim mempunyai poin 3 dari 2 laga.

Dalam regulasi, ada beberapa Grup yang berisikan 5 hingga 4 tim. Sedangkan Grup J hanya berisikan 3 Tim.

Dengan begitu, Grup B yang dihuni Timnas Indonesia U-17 hanya dihitung hasil dua pertandingan. Dua pertandingan melawan tim di posisi keempat dan kelima klasemen tidak dihitung.

Laga Timnas Indonesia U-17 melawan Guam (14-0) Dan Palestina (2-0) tidak dihitung. Hanya laga Skuat Garuda Muda melawan Uni Emirat Arab (3-2) dan Malaysia (1-5) yang dihitung.

Sedangkan grup yang dihuni empat tim, hasil laga melawan tim yang berada di dasar klasemen tidak dihitung.

Maka dari itulah Laos Dan Thailand yang berhak memperoleh dua tiket terakhir dari enam tiket lolos ke Piala Asia U-17 2023 sebagai runner-up terbaik. Empat tim lainnya adalah Korea Selatan, China, Afghanistan, dan India.

Timnas Indonesia U-16 Timnas Indonesia U-17 Malaysia U-16 Kualifikasi Piala Asia U-16 Bima sakti Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.002

Bagikan