Ketua BTN Sebut Persija Tawarkan Pemain 'Grade B' untuk Timnas Indonesia U-23

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 11 Agustus 2023
Ketua BTN Sebut Persija Tawarkan Pemain 'Grade B' untuk Timnas Indonesia U-23
Sumardji saat memberikan keterangan kepada awak media di Lapangan A Senayan, Jakarta, Sabtu (15/7). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji mengatakan Persija Jakarta sempat memberikan tawaran pemain lain untuk menggantikan Rizky Ridho di Timnas Indonesia U-23. Namun, tawaran itu ditolak.

Rizky Ridho masuk dalam daftar 23 pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023 di Thailand pada 17-26 Agustus. Namun, pelatih Persija Thomas Doll keberatan melepas Rizky Ridho karena Piala AFF U-23 tidak termasuk dalam kalender FIFA.

Selain itu, Persija juga sedang mengarungi BRI Liga 1 2023/2024 yang akan memasuki pekan kedelapan. Kehadiran Ridho dibutuhkan karena dia merupakan pemain reguler.

Sebagai win-win solution, Persija disebut menawarkan pemain lain untuk menggantikan Rizky Ridho. Tidak dijelaskan siapa pemain yang dimaksud, tapi opsi itu langsung ditolak.

"Yang saya dengar, kebetulan saya tidak ikut pertemuan kemarin (dengan pihak Persija), yang ikut pak Endri (Erawan, manajer timnas), Shin Tae-yong. Jadi disampaikan (Persija) akan kirim pemain yang memang di level dua, tapi tidak mungkin (kita terima opsi itu). Yang kita inginkan (pemain) grade A, tapi yang (akan) dikasih adalah grade B, ya tidak mungkin," kata Sumardji.

Baca Juga:

Beckham Putra Dipanggil Timnas U-23, Bojan Hodak Beberkan Alasan Menahannya

Ketua BTN PSSI Tuding Thomas Doll dan Pelatih PSM Mempersulit Pemain ke Timnas U-23

Sumardji mengatakan sejak awal Persija termasuk pelatihnya, Thomas Doll, memang tidak mau melepas Rizky Ridho dengan berbagai alasan. Bahkan, Timnas Indonesia U-23 sudah memundurkan jadwal pemusatan latihan dari tanggal 8 ke 10 Agustus supaya pemain bisa memperkuat klubnya dulu di Liga 1.

"Kesimpulannya memang dalam hati kecil saya, feeling saya mengatakan memang pelatih asing Thomas Doll tidak mendukung program timnas," tutur Sumardji.

Rizky Ridho memang tidak menunjukkan batang hidungnya pada hari pertama TC Timnas Indonesia U-23 di Jakarta, Kamis (10/8) sore WIB. Total ada enam pemain yang belum bergabung. Lima pemain lainnya adalah Muhammad Adisatryo (PSIS Semarang), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Kadek Arel (Bali United), Beckham Putra (Persib Bandung) dan Dzaky Asraf (PSM Makassar).

Dari kelima nama tersebut, empat di antaranya sudah memberikan konfirmasi lewat klubnya akan bergabung dalam tiga hari ke depan. Adisatryo dan Dewangga dijadwalkan bergabung hari ini, Kadek Arel pada 12 Agustus dan Beckham Putra 13 Agustus. Sedangkan, Dzaky Asraf tidak dilepas oleh PSM.

Timnas indonesia u-23 Persija jakarta Sumardji Tc timnas Piala AFF U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.406

Bagikan