Ketua BTN dan Shin Tae-yong Beda Target dan Pandangan soal Piala AFF U-23

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 11 Agustus 2023
Ketua BTN dan Shin Tae-yong Beda Target dan Pandangan soal Piala AFF U-23
Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, sedang memberikan arahan. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji berbeda target dan pandangan dengan pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong terkait Piala AFF U-23 2023. Fakta ini menjadi sebuah ironi.

Sumardji mengakui bahwa Ketua Umum PSSI Erick Thohir tidak memasang target di Piala AFF U-23. Namun, bagi lelaki yang juga anggota kepolisian itu, semua turnamen jika membawa nama negara, maka taruhannya adalah harga diri bangsa.

Sumardji seakan tidak bergeming meskipun mengetahui bahwa Piala AFF U-23 itu bukan turnamen resmi FIFA. Situasi ini membuat klub berhak tidak melepas pemainnya.

"Kalau bicara penting enggak penting, semuanya penting. Memang PSSI tidak ada target (di Piala AFF U-23 2023), tapi pertanyaannya kalau (PSSI) enggak memberikan target, kalau kita (Timnas) dipermalukan di negara orang (bagaimana), saya kembalikan lagi ke masyarakat, maka apa pun alasannya, jiwa nasionalisme harus ada," kata Sumardji.

"Pada saat kompetisi (Piala AFF U-23), kita lawannya dari negara lain. Malaysia, Vietnam, Thailand. Terus kita kalah, hasilnya minus. Mau ditaruh di mana harga diri bangsa," ucapnya.

Baca Juga:

Ganggu Liga, Shin Tae-yong Berharap Piala AFF U-23 Dihapus

Beda dengan Sumardji, Shin Tae-yong Mengerti Thomas Doll Belum Lepas Rizky Ridho

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong justru berharap Piala AFF U-23 ke depannya tidak lagi digelar. Menurutnya, turnamen tersebut merugikan klub dan Liga 1 karena digelar tepat ketika kompetisi sedang berjalan.

"Saya berharap tidak ada lagi turnamen AFF U-23 karena pemain-pemain U-23 itu banyak yang bermain di Liga 1 dan banyak yang menjadi pemain inti di timnya masing-masing."

"Dengan adanya turnamen AFF U-23 ini sebetulnya merugikan liga dan mengganggu perkembangan sepak bola sebuah negara," ujar Shin Tae-yong.

Piala AFF U-23 juga sebetulnya bukan agenda rutin. Ajang ini sendiri baru digelar empat kali pada 2005, 2011, 2019, dan 2022.

Karena itu, Shin Tae-yong hanya menjadikan Piala AFF U-23 sebagai pemanasan sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia (AFC) U-23 2024 pada 6-12 September 2023 di Solo, Jawa Tengah.

Timnas Indonesia U-23 menjadi tuan rumah untuk Grup K. Selain Indonesia, grup itu dihuni oleh Turkmenistan dan Chinese Taipei.

"Saya tidak fokus untuk Piala AFF (U-23). Paling melalui Piala AFF (U-23) ini saya mau mencari pemain-pemain baru saja dan fokusnya ke (Kualifikasi) AFC (U-23) September nanti. Jadi jangan terlalu berharap untuk (Piala) AFF (U-23) kali ini," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Piala AFF U-23 2023 akan berlangsung di Thailand pada 17-26 Agustus. Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste.

Timnas indonesia u-23 Pssi Sumardji Shin Tae-yong Piala AFF U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.441

Bagikan