Beda dengan Sumardji, Shin Tae-yong Mengerti Thomas Doll Belum Lepas Rizky Ridho

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 10 Agustus 2023
Beda dengan Sumardji, Shin Tae-yong Mengerti Thomas Doll Belum Lepas Rizky Ridho
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong saat diwawancara awak media di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (10/8). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menunjukkan sikap berbeda dengan Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, terkait polemik Rizky Ridho.

Shin Tae-yong mengerti dengan sikap Thomas Doll yang keberatan Rizky Ridho bergabung ke Timnas Indonesia U-23. Sebab, di waktu yang bersamaan, Persija sedang menjalani kompetisi.

Rizky Ridho masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023 yang digelar di Thailand pada 17-26 Agustus. Sebagai persiapan, Garuda Muda menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) pada 10-14 Agustus.

Pada hari pertama TC, batang hidung Rizky Ridho belum terlihat. Ketua BTN (Badan Tim Nasional) Sumardji mengatakan pelatih Persija Thomas Doll menolak melepas pemainnya itu karena Piala AFF U-23 tidak masuk dalam kalender FIFA.

Sikap Thomas Doll itu membuat Sumardji berang. Dia menuduh Thomas Doll mempersulit Timnas Indonesia U-23. Namun, berbeda dengan Sumardji, Shin Tae-yong justru memahami maksud dari Thomas Doll.

"Saya bisa mengerti dari pelatih-pelatih klub seperti apa karena mereka mempunyai target masing-masing dan prestasi di kompetisi. Apalagi pemain yang dipanggil adalah pemain inti di tim mereka," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Ketua BTN PSSI Tuding Thomas Doll dan Pelatih PSM Mempersulit Pemain ke Timnas U-23

Bukan Hanya Timnas Indonesia U-23, Vietnam dan Thailand Memulai Persiapan Tidak Komplet

Shin Tae-yong mengatakan, Piala AFF U-23 2023 memang bukan agenda resmi. Secara aturan, klub berhak tidak memberikan pemainnya.

Bukan hanya Persija yang keberatan melepas Rizky Ridho. Penyerang muda PSM Makassar Dzaky Asraf juga mengalami situasi serupa.

Tenaga Dzaky tidak hanya dibutuhkan oleh PSM di Liga 1, tetapi juga untuk menghadapi babak play-off Piala AFC 2023 pada 23 Agustus. Tim Juku Eja akan menantang pemenang antara Yangon United (Myanmar) dan DPMM (Brunei Darussalam).

"Memang dari klub tidak wajib untuk melepas pemain karena ini Piala AFF," ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong juga tidak menampik bahwa kejuaraan seperti Piala AFF U-23 ini merugikan dan tidak ada manfaatnya. Sebab, kelompok umur 23 ini levelnya sudah hampir sama dengan senior sehingga tidak perlu jadi turnamen tersendiri.

"Untuk (Piala AFF) U-20 oke karena memang (pemain di usia tersebut) harus banyak bertanding agar bertambah pengalaman di turnamen-turnamen internasional. Tetapi untuk (Timnas) U-23 saya berharap tidak ada lagi untuk ke depannya," ujarnya.

Timnas indonesia u-23 Persija jakarta Psm makassar Rizky Ridho Dzaky Asraf Tc timnas Liga 1 Piala AFF U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.347

Bagikan