Bukan Hanya Timnas Indonesia U-23, Vietnam dan Thailand Memulai Persiapan Tidak Komplet

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 10 Agustus 2023
Bukan Hanya Timnas Indonesia U-23, Vietnam dan Thailand Memulai Persiapan Tidak Komplet
Timnas Thailand U-23. (ThailandNTOfficial)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 bukan satu-satunya tim yang memulai persiapan untuk Piala AFF U-23 2023 dengan komposisi pemain yang tidak lengkap. Vietnam dan Thailand sama-sama memanaskan mesin dengan jumlah yang lebih sedikit dari yang dipanggil.

Timnas Vietnam U-23 mulai persiapan sejak 29 Juli. Pelatih Hoang Anh Tuan memanggil 27 pemain. Kekuatan inti pasukan Hoang Anh Tuan merupakan pemain U-18 hingga U-20, yang sebagian besar anak asuhnya di Kejuaraan Asia U-17 dan U-20.

Seperti yang dilaporkan hanya 17 pemain yang mengikuti sesi latihan pertama, termasuk wajah baru yang ditambahkan yakni gelandang La Nguyen Bao Trung dari Hanoi Police Club.

Pemain luar biasa seperti Nguyen Van Truong (Hanoi Club), Khuat Van Khang (Viettel Club), Nguyen Quoc Viet (HAGL), Dinh Xuan Tien (SLNA) belum bisa bergabung.

Hoang Anh Tuan memaklumi. Ia memilih untuk bersabar, terlebih Piala AFF U-23 bukan agenda resmi FIFA.

Baca Juga:

Ketua BTN PSSI Tuding Thomas Doll dan Pelatih PSM Mempersulit Pemain ke Timnas U-23

Titan Agung Gantikan Fajar Fathurrahman dalam Persiapan Timnas U-23 Menuju Piala AFF U-23

"Persaingan kejuaraan V-league 2023 sangat menegangkan. Tim bersaing sengit dalam hal skor seperti klub Hanoi, klub Viettel, dan klub divisi pertama. Selain itu beberapa tim bersaing untuk tidak terdegradasi, sehingga Timnas U-23 belum lengkap," katanya dalam laporan Thanhnien pada 3 Agustus.

Hoang Anh Tuan menyiapkan opsi dengan memanggil pemain lain jika pemain yang ditunggu tetap tidak bisa hadir.

"Saat mendekati pendaftaran, jika klub belum melepas pemain, tim kepelatihan harus melakukan perubahan. Itu kendala Timnas Vietnam, ketika tidak ada pemain terbaik."

Timnas Vietnam U-23 terus melakukan persiapan. Pada 10 Agustus, diketahui beruji coba melawan Hanoi U-21 dengan hasil imbang 2-2.

Timnas Vietnam U-23 akan bertolak ke Thailand 14 Agustus. Pada 15 Agustus direncanakan beruji coba melawan Bahrain, mengingat bagian persiapan untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Adapun Timnas Thailand U-23 mulai berkumpul Rabu (9/8). Hanya 18 pemain yang hadir dari 23 yang dipanggil, sementara sesi latihan mulai Kamis (10/8).

Pelatih Issara Sritaro tampak sudah memperkirakan. Sebelumnya, ia mengapresiasi klub yang sudah melepas pemain.

"Pertama-tama, terima kasih kepada semua klub yang telah mengizinkan pemain untuk bergabung dengan Timnas U-23 Thailand kali ini, yang kami pahami bahwa semua klub berada di awal musim baru. Kejuaraan Sepak Bola ASEAN tidak mengatur pertandingan bertepatan dengan kalender Hari FIFA," katanya.

"Tapi tentu saja kami akan mencoba yang terbaik. Penting selama sisa waktu kita mengembangkan para pemain. Sehingga semua orang siap untuk kompetisi. Setiap pemain masih memiliki kesempatan untuk Kualifikasi Piala Asia dan acara lainnya di masa depan."

Sementara itu, sesi latihan pertama Timnas Indonesia U-23 pada Kamis (10/8), baru diikuti 17 pemain. Enam lain yakni Muhammad Adisatryo, Rizky Ridho, Kadek Arel, Alfeandra Dewangga, Beckham Putra, dan Dzaky Asraf belum bergabung.

Timnas indonesia u-23 Vietnam Thailand Piala AFF U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan