Keajaiban Tak Cukup untuk Bawa Maroko Juara Piala Dunia 2022

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 15 Desember 2022
Keajaiban Tak Cukup untuk Bawa Maroko Juara Piala Dunia 2022
Timnas Maroko (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Maroko harus menerima kenyataan gagal melaju ke final Piala Dunia 2022. Kejutan wakil Afrika tersebut terhenti di tangan Prancis.

Dalam laga yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Kamis (15/12) dini hari WIB, Prancis mengalahkan Maroko dengan skor 2-0. Hasil ini membuat Les Bleus akan menantang Argentina pada partai puncak, akhir pekan ini.

Kesuksesan Maroko melaju hingga semifinal sebenarnya merupakan pencapaian yang luar biasa. Singa Atlas bahkan menjadi wakil Afrika pertama yang sukses mencapai fase ini.

Baca Juga:

6 Fakta Menarik Prancis ke Final Piala Dunia 2022

Momen Timnas Maroko Tetap Bersujud Kendati Kalah dari Prancis

Prancis 2-0 Maroko: Les Bleus Tantang Argentina di Final

Namun tak sedikit yang berpikir Maroko bisa mengalahkan Prancis dan melaju ke final. Anggapan itu tak lepas dari rekam jejak Hakim Ziyech dan kawan-kawan yang mampu menyingkirkan para unggulan seperti Belgia, Spanyol, dan Portugal.

Sebelum pertandingan, Maroko juga berstatus tim dengan pertahanan terbaik di Piala Dunia 2022. Bahkan tidak ada pemain lawan yang mampu mencetak gol ke gawang mereka.

Namun catatan impresif tersebut seolah tak berarti apa-apa di hadapan Prancis. Tim asuhan Didier Deschamps bahkan hanya butuh waktu lima menit untuk membobol gawang Maroko lewat sepakan Theo Hernandez.

Ini menjadi kali pertama Maroko tertinggal lebih dulu sepanjang turnamen. Hal tersebut tampaknya mempengaruhi mental mereka.

Terbukti, Maroko tak mampu mencetak gol balasan meski mendominasi penguasaan bola. Gawang Yassine Bounou justru kebobolan lagi dan membuat Prancis menutup laga dengan keunggulan dua gol tanpa balas.

Pelatih Maroko, Walid Regragui, mengakui tim asuhannya masih kalah kelas dengan Prancis. Namun ia tak terlalu kecewa karena anak-anak asuhnya sudah tampil maksimal.

Kami memang membuat mereka bermasalah dan itu merupakan pencapaian yang luar biasa.

"Para pemain saya memberikan citra tim yang sangat bagus, menunjukkan kualitas mereka. Ini sulit diterima karena mereka ingin menulis ulang buku sejarah," kata Regragui dilansir dari BBC.

"Anda tidak bisa memenangkan Piala Dunia dengan keajaiban. Hanya dengan kerja keras dan itulah yang akan terus kami lakukan."

Regragui tak membantah dirinya sempat berangan-angan membawa timnya melaju ke final. Namun kekalahan atas Prancis kembali membuat kakinya menginjak tanah.

“Kami sadar telah membuat pencapaian besar dengan melihat semua orang bangga melalui foto-foto di media, televisi dan media sosial. Kami ingin menjaga mimpi rakyat Maroko tetap hidup dan kami kecewa," tambahnya.

"Kami merasa kami bisa melangkah lebih jauh, tetapi detail kecil ini yang dimenangkan oleh juara sejati."

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas Maroko Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan