Kantongi Nama 37 Pemain Diaspora untuk Timnas U-16, Nova Arianto Beberkan Rencananya

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 28 Februari 2024
Kantongi Nama 37 Pemain Diaspora untuk Timnas U-16, Nova Arianto Beberkan Rencananya
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto menerima daftar pemain diaspora dari Tenaga Ahli Kemenpora Hamdan Hamedan. Total ada 37 pemain dalam list tersebut.

Namun, kata Nova, tidak semua pemain tersebut memenuhi syarat atau eligible memperkuat Timnas Indonesia U-16. Mayoritas terganjal dengan status kewarganegaraan.

"Yang pertama memang di saat ini saya minta data siapa-siapa saja pemain diaspora yang punya paspor Indonesia, walaupun kita tetap harus komunikasi dengan PSSI dan kebetulan ada pak Hamdan di situ, jadi saya bicara dan pak Hamdan memberikan data tersebut. Ada sekitar 37 pemain diaspora, tetapi yang punya paspor indonesia hanya sekitar sembilan," kata Nova Arianto.

Baca Juga:

Dua Indentitas Pemain Diaspora untuk Timnas U-16 dari Kemenpora Terbongkar

Dicari Pemain Minimal Tinggi 175 Cm untuk Timnas Indonesia U-16

Nova mengatakan dirinya akan berkomunikasi dengan PSSI untuk menentukan mekanisme pemilihan para pemain diaspora itu. Salah satu syarat yang ditetapkan oleh Nova Arianto adalah postur tubuh.

Nova mencari pemain dengan tinggi minimal 175 sentimeter (cm) untuk tiga posisi, yakni kiper, bek, dan penyerang. Ini jadi ketentuan yang ditetapkan supaya Timnas Indonesia U-16 dapat bersaing di level Asia.

"Sebelum itu kita dari coaching staff akan melihat video-video mereka, jadi nanti pemain yang dipanggil sesuai dengan apa yang kita harapkan, termasuk malasah tinggi badan," tutur salah satu asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia itu.

Jika tidak ada kendala dalam proses di atas, para pemain diaspora itu kemungkinan belum akan dilibatkan saat pemusatan latihan atau TC Timnas Indonesia U-16 di bulan Maret.

"Kemungkinan (dipanggil saat TC bulan) April," ujar Nova.

Adapun Timnas Indonesia U-16 baru mengakhiri seleksi tahap pertama yang dibagi ke dalam tiga gelombang. Total sebanyak 68 pemain dipanggil dalam tiga gelombang tersebut.

Ini merupakan proses pembentukan Timnas Indonesia U-16 era baru di bawah asuhan Nova Arianto. Nova sedang membangun tim yang kuat untuk tampil di Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Timnas Indonesia U-16 Nova arianto Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.250

Bagikan