Kambing Hitam Kegagalan Inggris di Piala Eropa U-21 Bernama Aidy Boothroyd

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 23 Juni 2019
Kambing Hitam Kegagalan Inggris di Piala Eropa U-21 Bernama Aidy Boothroyd
Aidy Boothroyd (zimbio)

BolaSkor.com - Bagaimana rasanya menjadi orang yang salah di waktu yang salah pula. Sejatinya pelatih timnas Inggris U-21, Adrian Neil "Aidy" Boothroyd bisa menjawabnya.

Inggris menjadi salah satu kandidat juara Piala Eropa U-21. Hal ini mengingat tim muda Inggris diperkuat pemain-pemain yang sudah mengecap pengalaman di kompetisi senior seperti Phil Foden, Aaron Wan-Bissaka, Ryan Sessegnon, hingga James Maddison.

Namun kenyataannya, Inggris U-21 pulang cepat setelah kalah dalam dua laga awal fase grup. Inggris kalah 1-2 di tangan Kroasia pada laga perdana. Mereka kemudian takluk 2-4 dari Rumania di partai kedua. Meski masih menyisakan satu laga melawan Kroasia. Foden dkk dipastikan tersingkir.

Baca Juga:

8 Bintang Muda yang Dapat Menyita Perhatian Publik di Piala Eropa U-21 2019

Dibuang Fiorentina, Ianis Hagi Berevolusi Menjadi Masa Depan Sepak Bola Romania

Hasil ini jauh dari ekspektasi awal. Dua tahun lalu di ajang yang sama Inggris tampil apik di bawah asuhan Gareth Southgate. Mereka hanya kalah dalam adu penalti atas Jerman di semifinal.

Usai dipastikan tersingkir, satu nama muncul menjadi sorotan. Dia adalah Aidy Boothroyd, sang pelatih. Menariknya, sebelum tampil di Piala Eropa U-21 ini, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) sudah memperpanjang kontrak sang pelatih meski belum menunjukkan prestasi.

Sang pelatih sendiri menegaskan dirinya tidak akan mengundurkan diri dari jabatannya meski gagal total. Dia menyerahkan nasib sepenuhnya kepada FA.

Dilihat ke belakang, penunjukkan Boothroyd sebagai arsitek Inggris U-21 sudah mengundang tanda tanya besar. Tak sedikit yang mempertanyakan mengapa pelatih yang tak bisa mendapatkan pekerjaan di empat divisi teratas bisa dipercaya membimbing para talenta paling berbakat di Inggris.

Menilik rekam jejaknya, Boothroyd memang bisa dikatakan beruntung bisa menjadi pelatih timnas Inggris U-21. Pada 2013, dia dipecat oleh Northampton Town karena membawa klub itu di dasar klasemen League Two. Dan ini merupakan kiprah terakhir Boothroyd menangani klub di Liga Inggris.

Setelah kesulitan mendapatkan klub, Boothroyd justru ditunjuk FA untuk menangani tim Inggris U-20 pada 2014. Meski tak menunjukkan hasil gemilang, selang dua tahun kemudian, dia dipromosikan untuk melatih tim U-21 menyusul Gareth Southgate yang diangkat menangani timnas senior.

Piala Eropa U21 Timnas Inggris U-21 FA
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.464

Berita Terkait

Inggris
Peraturan Baru di Inggris, Tidak Ada Sundulan untuk Pemain Belia
FA akan menghapus sundulan bola dalam pertandingan sepak bola akar rumput untuk pemain muda.
Yusuf Abdillah - Sabtu, 18 Mei 2024
Peraturan Baru di Inggris, Tidak Ada Sundulan untuk Pemain Belia
Piala Eropa
Lawan Belgia, Inggris Akan Tampil Tanpa Nama di Babak Kedua
Nama pemain di punggung akan menghilang di babak kedua.
Yusuf Abdillah - Selasa, 26 Maret 2024
Lawan Belgia, Inggris Akan Tampil Tanpa Nama di Babak Kedua
Bagikan