Justin Hubner, Rafael Struick, Ivar Jenner Respons Keputusan FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 30 Maret 2023
Justin Hubner, Rafael Struick, Ivar Jenner Respons Keputusan FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia
Ivar Jenner (kiri) dan Justin Hubner (kanan) di Kantor PSSI. (PSSI)

BolaSkor.com - Tiga pemain keturunan yang sedang menjalani proses akhir naturalisasi, yakni Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner merespons keputusan FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Mereka sebelumnya diproyeksikan untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia U-20 di ajang terbesar kedua FIFA itu.

Lewat akun Instagram pribadinya, @justinhubner5, pemain Wolverhampton Wanderers U-19 itu membagikan postingan akun @pengamatsepakbola terkait keputusan FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 yang seharusnya digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

FIFA tidak menjelaskan secara rinci alasan membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Namun, adanya penolakan terhadap kehadiran timnas Israel U-20 yang dilakukan oleh sejumlah partai politik, organisasi masyarakat (ormas), sampai kepala daerah, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Kosten, disinyalir jadi salah satu pertimbangan FIFA dalam mengambil keputusan.

Upaya yang dilakukan Presiden Joko Widodo dengan mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir ke Qatar untuk menemui Presiden FIFA, Gianni Infantino, tidak berbuah hasil. Badan tertinggi sepak bola dunia itu tetap kukuh pada keputusannya.

Hal yang sama dilakukan Rafael Struick. Dia bahkan turut membagikan postingan akun PSSI yang menunjukkan potret kesedihan para pemain Timnas Indonesia U-20.

Sedangkan Ivar Jenner membagikan postingan saat dirinya memperkuat Timnas Indonesia U-20 di laga uji coba. Ivar, Justin, dan Rafael memang sempat bergabung dengan skuat Timnas Indonesia U-20 saat menggelar pemusatan latihan atau TC di Turki pada November 2022.

Batalnya Indonesia menggelar Piala Dunia U-20 2023 tentu membuat ketiga pemain keturunan itu kecewa. Harapan ketiga pemain itu memperkuat negara asal leluhurnya di ajang terbesar kedua FIFA menjadi pupus.

Baca Juga:

Hokky Caraka sampai Marselino Ferdinan Tumpahkan Kekecewaan Usai FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia

Kata Erick Thohir Usai FIFA Cabut Status Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 dari Indonesia

FIFA Cabut Status Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Padahal pada 20 Maret lalu, Ivar dan Rafael sempat bergabung secara virtual dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar Komisi III dan X DPR-RI dan Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Muhadjir Effendy bersama PSSI. Sedangkan Justin absen dari agenda tersebut.

DPR-RI pun sudah menyetujui naturalisasi ketiganya lewat sidang paripurna. Kini Rafael dkk. tinggal menunggu terbitnya Keputusan Presiden atau Keppres sebelum menjalani pengambilan sumpah setia sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Timnas indonesia u-20 Pssi Fifa Ivar Jenner Justin Hubner Rafael Struick Naturalisasi Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.441

Bagikan