Justin Hubner Batal, Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick Lanjut

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 17 April 2023
Justin Hubner Batal, Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick Lanjut
Justin Hubner. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI mengonfirmasi Justin Hubner batal untuk dinaturalisasi. Hal ini dikatakan langsung oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

Menurut Arya, asalan batalnya Justin Hubner dinaturalisasi karena ada permintaan pemain Wolverhampton Wanderes U-21 itu yang tidak bisa dipenuhi oleh PSSI.

"Dari pemain naturalisasi yang kemarin kita proses, ada dua (Rafael Struick dan Ivar Jenner) yang sudah siap bergabung dengan kita dan siap diproses lebih lanjut. Sehingga wajar kita agak terhambat di Kemensetneg (Kementerian Sekretariat Negara) karena ada satu pemain yang masih negosiasi. Jadi kita tidak melanjutkan untuk melakukan naturalisasi terhadap Justin Hubner, karena ada permintaan pihak Justin yang tidak bisa kita penuhi," kata Arya Sinulingga di GBK Arena, Jakarta, Senin (17/4).

Baca Juga:

Marselino, Arhan sampai Witan Akan Gabung, Ecxo PSSI Yakin Timnas Indonesia U-22 Makin Kuat

Ditanya soal Justin Hubner Meminta Uang Besar, Erick Thohir: Saya Belum Dengar

Ketika ditanya soal uang, Arya tidak mau bicara. Ia hanya menegaskan ada permintaan yang tidak bisa dipenuhi PSSI.

"Kita enggak mau ngomong, ada yang memang kita enggak bisa penuhi permintaan pihak Justin. Jadi kita tidak melanjutkan proses naturalisasi. Dengan ini semoga nanti Kemesetneg, kami sudah bersurat ke Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) dan hubungi Menpora (Diro Ariotedjo), nanti Kemenpora akan bersurat ke Kemensetneg untuk memproses Ivar Jenner dan Rafael Struick itu akan kita proses, akan diurus admistrasinya dan disumpah," ujar Arya.

"Yang pasti kita kan tidak ada niatan untuk menghambat-hambat. Jadi kalau dibilang tidak ada komunikasi, apa untungnya PSSI tidak melakukan komunikasi karena terbukti yang 2 pemain itu sama sekali tak ada masalah. Fix tidak diproses," tambahnya.

Sebelumnya, Justin Hubner dkk merupakan pemain keturunan yang direkomendasikan pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi, guna membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Namun, ajang tersebut batal terselenggara di Indonesia.

Alhasil, PSSI mempertegas komitmen keduanya setelah proses naturalisasi mereka disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) dari Komisi III dan Komisi X. Dengan batalnya Justin Hubner, maka proses naturalisasi Rafael Struick dan Ivar Jenner memasuki tahap persetujuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melalui keputusan Presiden (Keppres).

Setelah Keppres keluar, ketiganya baru bisa dilantik oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Lalu, ketiganya harus berpindah federasi, baru bisa membela Timnas Indonesia.

Arya Sinulingga Justin Hubner Rafael Struick Ivar Jenner Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.192

Bagikan