Jika Man City Raih Treble Winners, Guardiola Layak Disandingkan dengan Ferguson

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 21 Mei 2023
Jika Man City Raih Treble Winners, Guardiola Layak Disandingkan dengan Ferguson
Sir Alex Ferguson dan Pep Guardiola (Twitter)

BolaSkor.com - Pep Guardiola di ambang pengukiran sejarah besar bersama Manchester City di musim 2022-2023. Usai memenangi trofi Premier League untuk tiga kali beruntun, The Citizens berpeluang meraih treble winners.

Ilkay Gundogan dkk masih akan bertarung di final Piala FA melawan rival sekota, Manchester United (03/06) di Wembley, serta final Liga Champions melawan Inter Milan (11/06) di Istanbul.

Perjalanan Man City dalam memenangi trofi musim ini juga dilakukan dengan comeback hebat, selayaknya yang diperlihatkan dari sang juara bertahan. Pada paruh kedua musim Man City memenangi 11 laga liga dan mencetak 32 gol, membalikkan defisit delapan poin dengan Arsenal.

Man City pun semakin dekat dengan treble winners bersejarah seperti yang pernah diukir rival sekota, Manchester United bersama Sir Alex Ferguson pada musim 1998-1999. Jika mampu melakukannya, Pep Guardiola layak disandingkan dengan Ferguson.

Baca juga:

Prediksi dan Statistik Manchester City Vs Chelsea: Merayakan Gelar dengan Kemenangan

5 Resep Manchester City Pertahankan Hegemoni di Premier League

Frank Lampard Konfirmasi Chelsea Memburu Erling Haaland

Pep Guardiola dan Sir Alex Ferguson

Legenda Man United yang ada pada era tersebut, Gary Neville, menilai Guardiola layak disandingkan dengan Ferguson karena pencapaiannya yang sama.

"Apakah saya ingin City memenangkan treble? Tidak! Tidak! Tidak, saya tidak ingin. Tidak ada yang ingin City memenangkan Treble jika Anda adalah penggemar Manchester United," ucap Neville kepada The Telegraph.

"Tapi jika mereka melakukan pekerjaan di Premier League dan mengalahkan Manchester United (di final Piala FA) dan Inter Milan (di final Liga Champions) Anda hanya perlu mengangkat tangan dan berkata, 'Manajer ini dan ini sekelompok pemain telah mencapai sesuatu yang unik.' Dan itu, sebenarnya, sangat pas jika manajer ini melakukannya."

"Sir Alex Ferguson pantas menjadi satu-satunya manajer dalam sejarah yang meraih treble karena dia yang terhebat tetapi jika Pep Guardiola bergabung dengannya, dia akan menjadi pendamping yang layak, karena saya pikir dia setara dengan apa yang dicapai Sir Alex Ferguson."

Ferguson memenangi 39 trofi saat melatih Man United dari 1986 hingga 2013, sedangkan Guardiola meraih 12 trofi selama tujuh tahun dengan Man City. Neville menilai Ferguson juga layak diapresiasi karena membentuk tim dengan dana terbatas dari klub.

"Ketika kita berbicara tentang kehebatan, kita harus menyebutkan bahwa Sir Alex Ferguson tidak hanya dilengkapi dengan pemain muda yang hebat dan produk akademi yang hebat untuk dihabiskan di Manchester United - dia mengubah Aberdeen menjadi raja Eropa, mengalahkan Real Madrid, dan raja Skotlandia atas Rangers dan Celtic - dan itu sendiri merupakan pencapaian besar," papar Neville.

"Kemudian datang ke Manchester United dan mematahkan dominasi Liverpool dan melakukan apa yang dia lakukan selama periode waktu tertentu, dalam hal umur panjang dan konsistensi, dia yang terhebat."

"Tapi apa yang kita lihat sekarang dari Pep, telah berada di City selama enam atau tujuh musim - saya pikir Pep sekarang melihat apa yang dilakukan Sir Alex dan berpikir, "Benar, saya bisa bertahan selama enam, delapan, sepuluh tahun." Karena di mana dia akan mendapatkan platform untuk melakukan apa yang dia sukai di City?," urai Neville.

Premier League Manchester United Manchester City Guardiola Pep Guardiola Sir Alex Ferguson
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.405

Bagikan