Jelang TC di Jerman, Bima Sakti Coret Satu Pemain Diaspora dari Timnas Indonesia U-17

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 17 September 2023
Jelang TC di Jerman, Bima Sakti Coret Satu Pemain Diaspora dari Timnas Indonesia U-17
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti mencoret salah satu pemain diaspora yang sempat bergabung mengikuti seleksi, yakni Aaron Suitela. Pencoretan itu dilakukan jelang keberangkatan ke Jerman untuk pemusatan latihan atau training camp (TC).

"Aaron Suitela setelah kami evaluasi dan yang memilih bukan saya sendiri, yang menentukan ini (setelah) kami bicara dengan Frank (Wormuth, konsultan pelatih Timnas U-17) dan coach Indra (Sjafri). Tim pelatih (menilai Aaron) belum cukup untuk kami ambil," kata Bima Sakti kepada awak media di Jakarta.

Aaron menambah daftar pemain diaspora yang dicoret dari Timnas Indonesia U-17. Sebelumnya ada empat pemain lain yang sudah terlebih dulu dicoret, yakni Mahesa Ekayanto, Madrid Augusta, Aaron Nathan Ang dan Staffan Qabiel Horito.

Dengan demikian, hanya satu pemain diaspora yang lolos seleksi untuk TC ke Jerman. Dia adalah Welber Jardim.

"Yang kami ambil memang yang benar-benar terbaik adalah Welber. Kami sudah lihat bagaimana performa Welber di Solo dan kami memang membutuhkan tenaganya," ujar Bima Sakti.

Baca Juga:

Segrup Timnas Indonesia U-17, Pelatih Ekuador Bicara Persaingan

Jadwal Timnas Indonesia U-17 di Grup A, Ekuador Jadi Lawan Pertama

Sementara itu, sebelum bertolak menuju Jerman pada Minggu (17/9) siang WIB, skuad Timnas Indonesia U-17 menjalani serangkaian tes, mulai dari VAL, speed, vertical jump sampai yoyo test untuk mengetahui tingkat VO2 Max para pemain.

"Kami mengambil data mereka untuk kami susun lagi program latihan di Jerman," ucap Bima Sakti.

Sejauh ini Bima Sakti mengaku puas dengan perkembangan para pemainnya. Muhammad Iqbal Gwijangge dkk. melakukan pemusatan latihan sejak 9 Juli 2023.

Persiapan panjang ini dilakukan supaya Timnas Indonesia U-17 bisa tampil maksimal di Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Tanah Air pada 10 November sampai 2 Desember mendatang. Berdasarkan hasil drawing di markas FIFA di Zurich pada 15 September kemarin, Timnas Indonesia U-17 ditempatkan di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama.

"Progresnya sudah puas, tapi kami 'kan harus selalu meng-upgrade terus kondisi mereka. Kemudian yang paling penting yang saya sering sampaikan, mereka (harus) mengerti gameplan yang sudah kami latih selama ini," tutur Bima Sakti.

Timnas Indonesia U-17 Bima sakti Tc timnas Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.441

Bagikan