Jelang MotoGP Qatar: Ducati Masih Diunggulkan

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 09 Maret 2024
Jelang MotoGP Qatar: Ducati Masih Diunggulkan
Francesco Bagnaia (twitter/ducaticorse)

BolaSkor.com - MotoGP musim akhirnya kembali. Ajang balap motor kasta tertinggi ini akan melangsungkan seri pembuka di Sirkuit Losail, Qatar pada Senin (11/3) dini hari.

Berbeda dari seri-seri lain dalam kalender musim ini, Sirkuit Losail menawarkan keseruan berbeda. Para pembalap akan ditantang untuk unjuk kebolehan di bawah gemerlap cahaya lampu.

Tantangan tidak hanya berasal dari pencahayaan saja. Para pembalap juga dituntut untuk memacu motornya hingga kecepatan maksimal. Pasalnya Sirkuit yang menjalani debut sebagai tuan rumah pada musim 2004 ini memiliki karakteristik lintasan lurus yang panjang.

Baca Juga:

Berstatus Rookie, Pedro Acosta Belum Punya Target di MotoGP Qatar

Ini Target Repsol Honda di MotoGP 2024

Tercatat Sirkuit ini memiliki total panjang 5.419 km dengan 16 tikungan dan lintasan lurus sapanjang 1.068 km.

Tidak heran sudah ada beberapa pembalap yang berhasil memecahkan rekor kecepatan di Sirkuit ini. Sebut saja Marc Marquez yang berhasil mencetak rekor kecepatan 350 km/jam pada musim 2015 silam.

Lalu terakhir pada musim 2021 rekor kembali pecah oleh Johann Zarco. Mantan pembalap Pramac ini mampu memacu motornya hingga kecepatan 362.4 km/jam.

Melihat hal ini, jelas Ducati menjadi tim yang paling diunggulkan. Dengan karakteristik motor bertenaga melimpah, diprediksi pabrikan asal Borgo Panigale Italia ini dapat mengecap hasil manis di balapan pembuka nanti.

Pencapaiannya ini sudah pernah Ducati buktikan di dua musim terakhir. Pabrikan asal Borgo Panigale, Italia itu selalu berhasil mengamankan posisi tiga besar.

Tercatat pada MotoGP 2022, Enea Bastian mampu merebut podium kemenangan. Lalu pada musim 2023, tiga pembalap Ducati (Fabio di Giannantonio, Francesco Bagnaia, dan Luca Marini), berhasil mengunci posisi pertama hingga ketiga.

Penulis: Bintang Rahmat.

Motogp Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.187

Bagikan