Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jay Idzes Main Penuh, Ini Alasan Shin Tae-yong Tarik Nathan Tjoe-A-On di Babak Kedua

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 22 Maret 2024
Jay Idzes Main Penuh, Ini Alasan Shin Tae-yong Tarik Nathan Tjoe-A-On di Babak Kedua
Nathan Tjoe-A-On mencatatkan debut untuk Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam di SUGBK, Jakarta, Kamis (21/3). (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On menorehkan debut untuk Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam pada laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3).

Jay dan Nathan diturunkan sebagai starter dalam pertandingan tersebut. Jay dipasang sebagai center back, sedangkan Nathan mengisi pos sayap kiri.

Jay berhasil tampil solid dan tenang di sektor pertahanan, sehingga membantu Timnas Indonesia mencatatkan clean sheet. Pemain Venezia itu dipasangkan dengan Rizky Ridho dan Justin Hubner di lini belakang Skuad Garuda dan bermain penuh.

Sementara itu, Nathan mengisi posisi wingback kiri yang biasa ditempati Pratama Arhan atau Shayne Pattynama. Namun, di babak kedua, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengganti Nathan dengan Arhan.

"Jay dan Nathan dua-duanya baik, Jay terlihat sangat baik, sementara Nathan cuma main di babak pertama," kata Shin Tae-yong.

Jay Idzes menorehkan debut untuk Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3). (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

Shin Tae-yong mengaku punya alasan kenapa hanya Jay yang bermain penuh. Sedangkan, Nathan hanya dimainkan di babak pertama.

"Nathan belum adaptasi dengan cuaca dan waktu di sini, tetapi tetap saja dia tidak terlalu buruk. Jadi supaya bisa dimainkan di pertandingan berikutnya, dia cuma diturunkan di babak pertama," ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Dipuji Shin Tae-yong, Jay Idzes Terkesan dengan Debutnya yang Impresif

Gol Egy Maulana Vikri Antar Timnas Indonesia Bungkam Vietnam di GBK

Secara keseluruhan, Shin Tae-yong tidak menampik kalau Timnas Indonesia sempat kesulitan mengembangkan permainan di babak pertama. Skuad Garuda bahkan beberapa kali mendapatkan tekanan dari Vietnam.

Menurut Shin Tae-yong, hal itu terjadi karena pemain baru seperti Jay dan Nathan masih beradaptasi. Pada babak kedua, permainan Skuad Garuda lebih baik dan berhasil membuat gol melalui Egy Maulana Vikri di menit 52.

Gol itu membuat Timnas Indonesia unggul 1-0. Skor tersebut berhasil dipertahankan sampai wasit Salman Ahmad Falahi dari Qatar meniup peluit panjang.

"Memang di babak pertama mungkin kurang kompak karena ada beberapa pemain yang baru pertama kali bermain dan latihannya kurang lama. Sementara itu di babak kedua, makin lama makin kompak, sehingga mereka bisa menunjukan performa terbaik," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Berkat kemenangan atas Vietnam semalam, Timnas Indonesia naik ke posisi dua menggeser tim asuhan Philippe Troussier tersebut. Skuad Garuda mengumpulkan empat poin dari tiga laga, sedangkan Vietnam mengoleksi tiga poin dengan jumlah pertandingan sama.

Berikutnya, giliran Timnas Indonesia yang bertandang ke Stadion Nasional My Dinh di Hanoi untuk menghadapi Vietnam. Laga itu akan berlangsung pada Selasa (26/3).

Timnas Indonesia Timnas vietnam Nathan Tjoe-A-On Jay Idzes Shin Tae-yong Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan