Jadi Waketum PSSI, Zainudin Amali Mundur dari Jabatan Menpora?

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 17 Februari 2023
Jadi Waketum PSSI, Zainudin Amali Mundur dari Jabatan Menpora?
Zainudin Amali, Erick Thohir, dan Ratu Tisha akan memimpin PSSI dalam empat tahun ke depan. (PSSI)

BolaSkor.com - Zainudin Amali terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa Pemilihan yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2). Lalu bagaimana dengan jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia?

"Saya akan segera melapor ke Pak Presiden (Joko Widodo). Tunggu saja satu atau dua hari. Tunggu keputusan Presiden," kata Zainudin Amali.

Zainudin Amali awalnya terpilih sebagai Waketum PSSI bersama dengan Yunus Nusi. Namun, adanya kekeliruan dalam penghitungan suara membuat pemilihan diulang.

Hasilnya, Ratu Tisha dan Yunus Nusi menjadi pemenang. Ratu Tisha mendapat 54 suara, diikuti Yunus Nusi (53) dan Zainudin Amali (44).

Drama kemudian terjadi. Yunus Nusi memilih untuk mengundurkan diri usai terpilih dan menyerahkan posisinya kepada Zainudin Amali sebagai peraih suara terbanyak ketiga.

Baca Juga:

Berikut Daftar Exco PSSI Periode 2023-2027 di Bawah Komando Erick Thohir

Yunus Nusi Mundur, Menpora Zainudin Amali Temani Ratu Tisha di Waketum PSSI

Mundur dari Waketum PSSI, Yunus Nusi Klaim demi Masa Depan Sepak Bola

Keputusan itu disetujui peserta KLB. Pada akhirnya, Zainudin Amali bersama Ratu Tisha yang menjadi Waketum PSSI mendampingi ketum terpilih, Erick Thohir.

"Posisi saya itu sebagai Waketum sehingga kita menjalankan apa yang menjadi visi-misi Ketum. Waketum dan Exco tidak ada visi dan misi. Satu, hanya membantu Ketum menjalankan visi-misinya," tutur Zainudin Amali.

Adapun dari 12 anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI 2023-2027, setengahnya diisi wajah baru, di antaranya ada Eko Setiawan, Muhammad, Rudi Yulianto, Sumardji, Arya Mahendra Sinulingga dan Khairul Anwar.

Lalu enam lainnya merupakan Exco petahana yang kembali terpilih, yakni Endri Erawan, Juni A Rachman, Vivin Cahyani Sungkono, Pieter Tanuri, Ahmad Riyadh dan Hasnuryadi Sulaiman.

Pssi Menpora Zainudin Amali KLB PSSI Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.250

Bagikan