Jadi Direktur Teknik, Uston Nawawi Fokus Kembangkan Tim Muda Persebaya

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 13 Juni 2023
Jadi Direktur Teknik, Uston Nawawi Fokus Kembangkan Tim Muda Persebaya
Uston Nawawi siap menjalani peran ganda sebagai Direktur Teknik dan asisten pelatih Persebaya Surabaya. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Asisten pelatih Persebaya Surabaya Uston Nawawi siap menyinkronkan filosofi bermain tim muda dengan tim senior usai ditunjuk manajemen sebagai Direktur Teknik (Dirtek). Persebaya selama ini dikenal memiliki ciri khas mengandalkan operan-operan pendek datar, berani memainkan ball possession, serta bermain penuh nyali.

Uston Nawawi mengaku tugas sebagai Dirtek sangat penting. Sebab, dia bakal jadi penentu skuad masa depan skuat Bajol Ijo. Pelatih berusia 45 tahun itu bertujuan mengembangkan kualitas permainan klub dari level junior hingga level senior atau skuad utama.

“Saya harus memastikan ada sinkronisasi antara tim youth dengan senior. Filosofi (bermainnya) harus sama. Jadi ketika pemain muda promosi ke tim senior, sudah tahu cara main khas Persebaya,” ungkap Uston Nawawi.

Baca Juga:

Sudah Puas, Pelatih Persebaya Pastikan Tak Rekrut Pemain Lagi

Enam Uji Coba Jadi Tes bagi Persib Bandung Sebelum Arungi Liga 1


Uston Nawawi jelas tahu apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan usia muda Persebaya. Maklum, dia berpengalaman menangani tim junior. Dimana Persebaya U-20 berhasil dibawanya menjadi juara Elite Pro Academy (EPA) U-20 2019 lalu.

Tim yang juga memiliki julukan Green Force itu kerap kali mempromosikan pemain muda ke tim senior. Rizky Ridho Ramadhani, Koko Ari Araya, hingga Marselino Ferdinan merupakan jebolan tim muda Persebaya.

Nah, untuk mengarungi Liga 1 2023/2024, Persebaya kembali mengusung dua pemain junior yang naik kelas. Mereka adalah Toni Firmansyah dan Rifqi Arya Wardana.

“Jadi ke depan saya ingin ada mekanisme yang lebih bagus untuk menghasilkan pemain-pemain bintang. Mudah-mudahan filosofi ini bisa diadaptasi dengan baik oleh pemain-pemain muda Persebaya di segala level usia,” harap Uston Nawawi.

Uston Nawawi juga mengisi pos asisten pelatih tim senior sehingga akan lebih sibuk. Belum lagi saat ini dirinya tengah mengikuti kursus lisensi pelatih AFC Pro.

“Saya masih asisten pelatih. Saya akan jalani semua dengan maksimal. Meski mungkin saya akan lebih banyak di tim youth. Karena saya harus menyiapkan pemain muda untuk bisa promosi ke tim senior,” pungkas pelatih asli Klagen, Sukodono, tersebut. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Uston nawawi Persebaya surabaya Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan