Jacksen Tiago dan Indra Sjafrie Sanjung Kontribusi AQUADNC

BolaSkorBolaSkor - Selasa, 08 April 2014
Jacksen Tiago dan Indra Sjafrie Sanjung Kontribusi AQUADNC
Jacksen Tiago dan Indra Sjafrie Sanjung Kontribusi AQUADNC

Jakarta –Dua tokoh berpengaruh dalam kancah sepak bola nasional, Jacksen F. Tiago dan Indra Sjafrie, menanggapi positif gelaran Aqua Danone Nation Cup (AQUADNC), yang hampir menyelesaikan babak kualifikasi regional.

Dimulai sejak Januari silam, fase awal festival sepak bola anak terbesar di Indonesia edisi 2014 ini tinggal menyisakan Denpasar, serta Samarinda dan Jakarta sebagai dua kota penutup babak kualifikasi yang berlangsung bulan April ini. Sebelumnya, penyisihan tingkat daerah sudah berlangsung di sembilan kota yaitu Padang, Makassar, Manado, Malang, Medan, Bandung, Banda Aceh, Jayapura dan Banjarmasin.

Setelah kualifikasi selesai, berlanjut ke babak final nasional yang merupakan ajang bagi para peserta daerah untuk memperebutkan tiket ke Final Dunia mewakili Indonesia di Brasil pada bulan Oktober mendatang, bertarung dengan 31 wakil dari seluruh dunia.

Ajang tahunan AQUADNC telah bergulir secara rutin sejak 2003. Kehadirannya turut berperan dalam mencetak pemain sepak bola muda berbakat yang kini juga turut mengharumkan nama Indonesia seperti Andik Vermansyah, Rasyid Bakri, Kurniawan Karman dan Muchlis Hadi Ning Syaifullah. Ada juga Asnawi Mangkualam, salah satu putra Makassar yang pernah menjadi kapten final dunia AQUADNC 2011 di Madrid dan telah membuahkan prestasi sebagai pemain Timnas U-16 sekaligus menjadi runner-up dalam Piala AFF U-16 2013 di Myanmar.

Jacksen F. Tiago yang akan bertindak sebagai pelatih AQUADNC 2014, mengaku bangga bisa bergabung dalam event yang punya reputasi baik di mata FIFA, terlebih bisa berpartisipasi dalam pengembangan sepak bola usia dini.

“Sebagai seseorang yang sangat peduli dan berkepentingan dengan persepakbolaan Indonesia, saya melihat AQUADNC sebagai sebuah ajang pembinaan sepak bola usia dini, sekaligus tempat menemukan bibit baru untuk sepak bola Indonesia,” ujar arsitek Persipura Jayapura tersebut, dalam rilis resmi AQUA Danone yang diterima redaksi bolaskor.com, Selasa (8/4).

Senada dengan Jacksen, pelatih tim nasional U-19 Indra Sjafrie juga menanggapi positif gelaran AQUADNC. Baginya, pembibitan usia dini lengkap dengan kompetisinya merupakan aspek mendasar dalam memajukan sepak bola Tanah Air di masa mendatang.

“Kompetisi sepak bola usia dini seperti inilah yang memang dibutuhkan Indonesia, apalagi dengan menyaring peserta hingga ke berbagai pelosok di Indonesia. Bakat-bakat sepak bola bisa tersimpan di mana saja termasuk di daerah-daerah, dan lebih baik jika kita mengolah keahlian mereka sejak awal. Saya sangat mendukung diadakannya acara AQUADNC ini di Indonesia,” papar Indra.

Sebagai event internasional yang diikuti lebih dari 30 negara selama 15 tahun penyelenggaraan, DNC mendapat dukungan penuh dari Federation Internationale de Football Association (FIFA) dan French Football Federation. Karenanya DNC diakui sebagai ajang Piala Dunia bagi anak-anak.

Penyelenggaraan DNC di 32 negara di dunia termasuk AQUADNC di Indonesia juga telah mendapat persetujuan dari FIFA selaku badan yang menaungi sepak bola internasional, termasuk format pertandingan, jumlah pemain, waktu pertandingan, lapangan, dan komponen pertandingan sepak bola lainnya yang sudah disesuaikan dengan tingkatan umur atau fase usia dini (grassroot). Begitupula dengan klasifikasi wasit yang diturunkan untuk memimpin pertandingan, yaitu telah memiliki sertifikasi standar minimal C2 dan C3.

Jadwal Babak Kualifikasi AQUADNC 2014 (sisa 3 kota):

Regional Kota Tanggal Stadion Provinsi Peserta
Bali Denpasar 19-20 April Ngurah Rai Bali, NTB, NTT
Kalimantan Timur Samarinda 26-27 April Sempaja Kalimantan Timur
DKI Jakarta Jakarta 26-27 April Simprug DKI Jakarta, Jambi, SumSel, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Banten, KalBar
Jacksen tiago Pembinaan Usia Dini AQUA Danone Nations Cup Indra Sjafrie
Ditulis Oleh

BolaSkor

Admin Bolaskor.com.
Posts

11.185

Bagikan