Indonesia Capai Target SEA Games 2021, Ketua NOC Bangga

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 23 Mei 2022
Indonesia Capai Target SEA Games 2021, Ketua NOC Bangga
Ketua National Olympic Committee (NOC), Raja Sapta Oktohari, menyambut kepulangan para atlet dari SEA Games 2021 (BolaSkor/Johan Kristiandi)

BolaSkor.com - Ketua National Olympic Committee, Raja Sapta Oktohari, merasa bangga Tim Indonesia berhasil mencapai target dari Presiden Joko Widodo untuk menembus tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia mengakhiri perjuangan dengan menempati posisi ketiga di bawah Vietnam dan Thailand.

Sempat terdengar sentimen negatif jelang keberangkatan Tim Indonesia pada SEA Games 2021 Vietnam. Apalagi, pada edisi kali ini Indonesia hanya menurunkan 499 atlet yang berjuang di 32 cabang olahraga.

Jumlah tersebut terpaut jauh dari Thailand yang mengirimkan 808 atlet. Bahkan, Malaysia yang secara letak berdekatan dengan Indonesia melepas 586 atlet.

Namun, untuk urusan prestasi, Indonesia tidak perlu berkecil hati. Total, Indonesia mendulang 241 medali yang terdiri dari 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Judo Tambah Medali Perak untuk Indonesia

SEA Games 2021: Punya Medali Emas, Jangan Lagi Pandang Timnas Basket Sebelah Mata

SEA Games 2021: Fin Swimming Dapat Tujuh Medali, Janis Rosalita Raih Emas

Bagi Okto, keberhasilan kali ini tidak terlepas dari program yang matang. Meskipun atlet yang diberangkatkan minim, tetapi prestasi yang diraih bisa maksimal.

"Semua atlet yang berangkat ke SEA Games 31 sudah terseleksi dari tim verifikasi baik itu targetnya medali emas, perak, atau perunggu. Apa yang dicapai para atlet ini membanggakan kita semua karena sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan prestasi dari SEA Games sebelumnya. Kalau di Filipina kita mendapatkan posisi keempat, sekarang kita di tempat ketiga," ungkap Okto ketika melakukan penyambutan atlet di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (23/5).

"Selain itu, yang menarik adalah banyak olahraga dari nomor tim bisa mendulang prestasi memuaskan. Ini tidak terlepas dari dukungan pelatih dan ofisial."

"Saya juga ingin berterima kasih untuk masyarakat Indonesia atas doa dan dukungan yang mengantar para atlet mencapai prestasi terbaik," jelas Okto.

Ketua National Olympic Committee (NOC), Raja Sapta Oktohari, menyambut kepulangan para atlet dari SEA Games 2021 (BolaSkor/Johan Kristiandi)

Tidak hanya berhenti di SEA Games 2021, Okto juga menegaskan pembinaan kepada atlet akan terus dilakukan. Apalagi, akan ada ajang besar yakni Olimpiade Paris 2024.

"Para atlet memang disiapkan bukan hanya untuk SEA Games. Setelah ini ada Asian Games dan tahun depan ada kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Oleh karena itu, kami akan melakukan komunikasi lebih intensif karena NOC bisa memfasilitasi olahraga melalui federasi internasional. Ini semua kita lakukan untuk meningkatkan pembinaan dan prestasi olahraga yang ada di Indonesia," urai Okto.

SEA Games 2021 Breaking News NOC
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.491

Bagikan