Liga 1

Hitung-hitungan Empat Tim Liga 1 untuk Selamat dari Degradasi: Arema FC Paling Berpeluang

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 27 April 2024
Hitung-hitungan Empat Tim Liga 1 untuk Selamat dari Degradasi: Arema FC Paling Berpeluang
Arema FC saat menghadapi PSS Sleman. (LIB)

BolaSkor.com - Seri reguler Liga 1 2023/2024 akan mencapai puncaknya pada Selasa (30/4). Di hari tersebut, akan berlangsung tujuh laga pekan 34 yang digelar serentak, karena menentukan satu tim yang harus turun kasta ke Liga 2 musim menyusul Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC.

Empat tim, yakni Arema FC, PSS Sleman, Persita Tangerang, dan RANS Nusantara, belum bisa bernapas lega. Nasib keempat tim tersebut masih harus ditentukan di laga terakhir.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Persija Kirim RANS Nusantara ke Zona Degradasi, Persita Menang di Kandang Persis

Hasil Liga 1: Persib Tekuk Borneo FC, Arema FC Menjauh dari Zona Degradasi

Hasil Liga 1: Bali United ke Championship Series, Persik Lawan PSS Imbang Lewat Drama 8 Gol

Di antara keempat tim itu, Arema FC yang paling berpeluang untuk bertahan di Liga 1. Saat ini, tim Singo Edan menempati peringkat 13 dengan 37 poin, unggul dua poin dari RANS Nusantara di posisi 16 (zona degradasi).

Bahkan, Arema FC yang bertemu Madura United di partai terakhir, masih bisa selamat kalau hanya bermain imbang, bahkan menelan kekalahan. Kok bisa?

Berikut hitung-hitungan empat tim Liga 1 selamat dari degradasi:

Arema FC

Arema FC akan bertahan di Liga 1 musim depan jika menang atas Madura United. Jika kemenangan itu bisa diraih, tim Singo Edan tidak perlu melihat hasil pertandingan tim lain.

Namun, skema ini jelas tak mudah, karena Madura United juga butuh kemenangan untuk lolos ke championship series. Jika Arema imbang atau bahkan kalah dari Madura United, mereka masih bisa bertahan, dengan syarat RANS Nusantara tidak meraih kemenangan atas PSM Makassar.

PSS Sleman

PSS Sleman (36 poin) akan bertemu Persib Bandung, tim yang sudah lolos championship series, pada laga terakhir di Stadion Manahan, Solo. Jika menang, PSS dipastikan selamat.

Andai meraih hasil imbang, bahkan kalah pun, PSS masih bisa bertahan di Liga 1 musim depan. Syaratnya adalah RANS kalah atau ditahan imbang PSM.

Persita Tangerang

Persita Tangerang (36) juga punya situasi yang sama dengan PSS. Mereka bisa bertahan dengan hasil imbang atau bahkan kalah, dengan syarat RANS Nusantara dibungkam oleh PSM.

Pada laga terakhir, Persita akan bermain di kandang sendiri, Indomilk Arena, menghadapi Bali United. Bali United sudah memastikan satu tempat di championship series.

RANS Nusantara

RANS Nusantara yang menghuni peringkat 16 (zona degradasi) dengan 35 poin menjadi tim yang paling berpeluang turun kasta. Pasalnya, andai menang pun dari PSM, RANS belum tentu bertahan.

The Prestige Phoenix harus menggantungkan nasibnya pada tiga tim yang berada di atasnya. Mereka bisa bertahan jika mengalahkan PSM, serta di antara Arema, PSS, dan Persita ada yang tergelincir di laga terakhir.

Berikut klasemen sementara papan bawah:

Arema FC PSS Sleman Persita Tangerang Liga 1 Breaking News Rans Nusantara
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.382

Bagikan