Head to Head dan Catatan Menarik Jelang Potensi Duel Terakhir Pep Guardiola Vs Jurgen Klopp

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 10 Maret 2024
Head to Head dan Catatan Menarik Jelang Potensi Duel Terakhir Pep Guardiola Vs Jurgen Klopp
Jurgen Klopp dan Pep Guardiola (Twitter)

BolaSkor.com - Selepas duel antara Arsene Wenger vs Sir Alex Ferguson, Jose Mourinho vs Pep Guardiola, saat ini ada duel dalam kurun waktu panjang antara Guardiola dengan Jurgen Klopp. Keduanya sudah saling bertemu di Bundesliga, Jerman.

Klopp dahulu melatih Borussia Dortmund dan Guardiola membesut Bayern Munchen. Rivalitas keduanya pun semakin ramai dibahas sejak datang ke liga terbaik dunia, Premier League.

Klopp terlebih dahulu datang ke Inggris pada 2015 melatih Liverpool, baru setahun setelahnya Guardiola membesut Manchester City. Pasca keduanya datang ke Inggris, cerita berikutnya menjadi sejarah.

Keduanya sama-sama sukses dengan caranya masing-masing. Guardiola meraih lima titel Premier League, satu Liga Champions, dua Piala FA, dan empat Piala Liga.

Baca Juga:

Manchester United 2-0 Everton: Dua Gol Penalti, Tiga Poin buat Setan Merah

Tanpa Badai Cedera, Manchester United dengan Mudah Raih 75 Kemenangan

Raja Penalti Manchester United Itu adalah Bruno Fernandes

Klopp, sementara itu memenangi satu titel Premier League, satu Piala FA, dua Piala Liga, dan satu Liga Champions. Menilai tingkat kesuksesan keduanya relatif berbeda, bergantung pada bagaimana publik khususnya fans masing-masing klub melihatnya.

Di mata publik dan terutamanya fans Liverpool, Klopp, spesial dengan caranya mengakhiri 30 tahun penantian titel liga Liverpool. Guardiola juga mengukir sejarah dengan memberikan treble winners.

Keduanya akan kembali bertemu pada pertemuan ke-30 kala Liverpool menjamu Man City di Anfield, Minggu (10/03) pukul 22.45 WIB. Itu tidak hanya bertarung merebutkan titel Premier League, tetapi juga berpotensi jadi duel terakhir Guardiola dengan Klopp.

Seperti diketahui, Klopp pergi di akhir musim setelah melatih klub sejak 2015. Duel keduanya akan selalu ada dalam sejarah sepak bola Eropa.

Rekor Keseluruhan

Klopp memenangi 12 dari 29 laga terakhir dan Guardiola dengan 11 kemenangan dan enam hasil imbang, termasuk di Community Shield. Tim Klopp juga telah mencetak 46 gol berbanding 49 gol Guardiola.

Sepanjang karier mereka, Guardiola juga telah amemenangi 32 trofi besar berbanding 10 trofi Klopp.

Pertemuan Pertama

Piala Super Jerman 2013 jadi pertemuan pertama yang mengawali rivalitas kedua tim. Klopp memberi pesan serius dengan kemenangan 4-2 Dortmund atas Bayern di depan 80.000 fans di Berlin.

Pada delapan pertemuan sebagai pelatih Dortmund dan Bayern, keduanya sama-sama mencatatkan empat kemenangan.

Kemenangan dengan Skor Terbesar

City-nya Guardiola menang dengan catatan empat dan lima gol di kandang, laga liga, melawan Liverpool. Sementara Klopp dua kali menang 3-0 di leg satu perempat final Liga Champions 2018, serta di Bundesliga pada 2014.

Anfield Angker

Anfield angker bagi tamu-tamu yang datang, tak terkecuali untuk tim arahan Guardiola yang hanya sekali menang dari delapan kunjungan ke sana. Itu terjadi pada 2021 di Premier League, dan setelahnya Liverpool menang lima kali.

Respek Satu Sama Lain

"Dia adalah pelatih terbaik di dunia. Sejauh ini (pertemuan dengan Guardiola) spesial," ucap Klopp soal Guardiola.

"Itu selalu menyenangkan dan itu juga akan menjadi hari Minggu,” kata Guardiola menanggapinya. “Itulah cara Liverpool bermain. Dia tidak bermain, tapi cara dia membuat timnya bermain sepak bola, Anda selalu belajar."

"Dan Anfield sangat sulit, terutama dengan kualitas tim. Penontonnya, tentu saja, tapi yang terpenting adalah kualitas tim."

Jurgen Klopp Pep Guardiola Premier League Manchester City Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.405

Bagikan