Harapan Djadjang Nurdjaman untuk Sepak Bola Indonesia Pasca Tragedi Kanjuruhan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 23 Oktober 2022
Harapan Djadjang Nurdjaman untuk Sepak Bola Indonesia Pasca Tragedi Kanjuruhan
Pelatih Persikabo 1973, Djadjang Nurdjaman. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Pelatih Persikabo 1973, Djadjang Nurdjaman, berharap dunia si kulit bundar di Indonesia bisa lebih baik pasca Tragedi Kanjuruhan. Menurutnya, peristiwa mengenaskan tersebut harus jadi pelajaran berharaga untuk para pemangku kepentingan sepak bola nasional.

Seperti diketahui, PSSI resmi membentuk Satuan Tugas Transformasi Sepak Bola Indonesia bersama pemerintah Republik Indonesia dengan dukungan FIFA dan AFC. PSSI juga melibatkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam satgas tersebut.

Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia bertugas untuk menemukan rumusan tepat tata kelola sepak bola Indonesia, mensinkronkan peran dan tanggung jawab dari setiap pemangku kepentingan sepak bola (mulai dari PSSI, pemerintah dan kepolisian, serta klub peserta dan penonton), memperbaiki manajemen infrastruktur, pengamanan dan penyelamatan, manajemen kerumunan, manajemen penonton, dan edukasi sepak bola.

Nantinya hasil kerja dari Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia akan dilaporkan kepada Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

Baca Juga:

Hasil Kerja Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia Ditargetkan Selesai pada 14 November

Transformasi Sepak Bola Indonesia Bisa Jadi Proyek Percontohan untuk Negara Lain

"Semua pelaku sepak bola nasional tentu berharap adanya perubahan yang lebih baik lagi dari sebelumnya," kata Djanur dalam rilis yang diterima BolaSkor.com, Minggu (23/10).

Karena itu, Djanur berharap Liga 1 musim ini bisa kembali dilanjutkan. Kompetisi kasta tertinggi di sepak bola Indonesia sedang dihentikan untuk sementara waktu akibat Tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan 134 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.

Berdasarkan timeline dari Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia, Liga 1 ditargetkan bisa dimulai kembali pada 25-26 November. Namun, sebelum itu Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia sedang merumuskan sejumlah aturan baru untuk mencegah Tragedi Kanjuruhan terulang lagi di waktu mendatang.

"Kami berharap kompetisi bisa berjalan seiring dengan perbaikan yang saat ini sedang dilakukan."

"Semoga saja ke depannya sepak bola Indonesia berjalan seperti yang diharapkan agar bisa lebih berprestasi lagi," pungkas Djanur.

Persikabo Tira Persikabo Persikabo bogor Djajang Nurjaman Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.496

Bagikan