Hamka Hamzah Ajak Pesepak Bola Indonesia Mulai Berbisnis dari Sekarang

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 30 Mei 2022
Hamka Hamzah Ajak Pesepak Bola Indonesia Mulai Berbisnis dari Sekarang
Hamka Hamzah hadir dalam diskusi 'From Football to Entrepreneur' di Flix Cinema, ASTHA District 8 SCBD, Jakarta, Senin (30/5). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Mantan pemain Timnas Indonesia, Hamka Hamzah, mengajak rekan-rekannya sesama atlet sepak bola untuk mulai merintis bisnis dari sekarang. Menurutnya, merencanakan masa depan harus dimulai dari sekarang.

Hamka Hamzah saat ini tidak hanya dikenal sebagai salah satu pesepak bola papan atas di Indonesia. Eks pemain PSM Makassar dan Persija Jakarta tersebut mulai melekat dengan status barunya sebagai seorang pengusaha. Hamka diketahui sudah menjalankan bisnis sepak bola dalam beberapa tahun terakhir.

"Kalau kita ingin membuka usaha, harus dijalankan. Jangan cuma ide, karena ide kan banyak. Entah itu kita untung atau rugi, yang penting kita sudah menjalankan. Kita sudah bisa melihat peluang dari usaha sendiri, saat sudah menjalankannya,” kata Hamka Hamzah dalam diskusi dengan tajuk 'From Football to Entrepreneur' yang digelar PT Asia Multidana di Flix Cinema, ASTHA District 8 SCBD, Jakarta, Senin (30/5).

"(Untuk pemain) Kalau hanya mengandalkan pekerjaan utama kita, saya rasa akan sulit untuk menghidupi keluarga nanti. Jadi kalau memang punya modal berapapun, beranilah untuk usaha walaupun kecil-kecilan. Karena dari kecil bisa menjadi bukit.” tambah Hamka.

Sementara itu, Direktur Utama PT Asia Multidana, Kosmas Chandra, mengatakan pihaknya sengaja menggelar diskusi dengan tema sepak bola dan entrepreneur karena kepeduliannya terhadap masyarakat teruatama para pencinta sepak bola yang jumlahnya sangat besar.

"Seperti tema talkshow kali ini, sepak bola itu adalah bisnis yang besar. Tapi sering kita lihat, atlet-atlet sepak bola setelah selesai karirnya, bingung mau kemana. Mungkin bingung apa yang harus dikerjakan setelah (pensiun) jadi atlet," ujar Kosmas Chandra.

"Dengan fakta itu, kami berharap bisa membuka wawasan, cara pandang dan pola pikir atlet atau insan sepak bola untuk bisa menjadi entrepreneur. Karena sepak bola dunia yang besar, dari hulu sampai ke hilir. Tapi tanpa mengurangi ke-profesionalan mereka," ujarnya.

Baca Juga:

Kongres PSSI 2022: Liga 1 Kembali ke Format Lama, Liga 2 Dua Wilayah

PSSI Sahkan Nama Baru Anggota: Rans Nusantara FC hingga Borneo FC Samarinda

Kosmas Chandra menuturkan, perusahaannya sangat terbuka dengan pihak-pihak yang ingin mulai merintis usaha yang berkaitan dengan sepak bola.

"Sebagai perusahaan pembiayaan, kami mau menjadi pioneer atau ingin mengajak perusahaan-perusahaan pembiayaan untuk bisa melihat atau membantu seluruh masyarat, terutama insan sepak bola. Siapa yang mau jadi entrepreneur, mungkin kita bisa support dari sisi pendanaan," ungkapnya.

Selain Hamka Hamzah, Asia Multidana juga turut mengundang perwakilan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jaya, untuk bercerita soal potensi bisnis sepak bola Indonesia dari kacamata para pengusaha.

Ada juga Jersey Forum yang diundang untuk berbagi pengalaman soal peran sentral jersey atau seragam tanding yang jadi salah satu sumber pemasukan untuk klub-klub sepak bola di era saat ini, terutama di Eropa.

"Kalau jersey sebagai investasi, bisa iya dan tidak. Karena mengacu pada investasi yang berharap mendapat keuntungan setelah pembelian awal. Ada beberapa hal yang harus terpenuhi,” ujar Angga Wirastomo dari Jersey Forum.

"Berdasarkan pengalaman, contoh jersey yang ketika membeli murah tapi saat dijual menjadi lebih tinggi, yang mempunyai nilai sejarah. Contoh adalah Manchester United ketika menjuarai Liga Champions tahun 1999."

"Lalu jersey yang mempunyai sebuah insiden. Misalnya dulu ketika Erik Cantona melakukan tendangan pada fans Leicester. Itu juga menjadi jersey-jersey yang ketika beli dulu mungkin belum seberapa, tapi saat ini itu sudah wah," pungkasnya.

Hamka hamzah Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.318

Bagikan