Hadapi Persib, Pelatih Persebaya Tekankan Winning Mentality

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 06 Oktober 2023
Hadapi Persib, Pelatih Persebaya Tekankan Winning Mentality
Pelatih Persebaya Surabaya Josep Gombau Balague bersama gelandang Jose Pedro Magalhaes Valente saat jumpa pers jelang melawan Persib Bandung. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Pelatih Persebaya Surabaya, Josep Gombau Balague membangun dan mengembangkan mentalitas pemenang pada diri anak asuhnya. Dia menilai perlu membangun winning mentality skuad Persebaya yang akan membawa dampak dalam pertandingan melawan Persib Bandung pada pekan ke-15 Liga 1 2023/2024.

Persib yang datang ke Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya besok sore (7/10) dalam tren positif. Mereka tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhirnya. Mencatatkan empat kemenangan dan sekali imbang.

Di sisi lain, Persebaya membukukan dua kemenangan, dua seri dan sekali kalah dari lima laga terakhirnya. Membuat tim asal Kota Pahlawan itu bercokol di peringkat enam klasemen sementara dengan 22 poin. Sementara Maung Bandung, julukan Persib, diposisi ketiga dengan koleksi 24 poin.

Untuk itu, Josep Gombau menanamkan mindset pemenang kepada Reva Adi Utama dkk. agar dapat mengatasi perlawanan Persib. Juru racik asal Spanyol tersebut ingin para pemain Persebaya memiliki mental pemenang, terutama pada laga-laga besar.

Baca Juga:

PSIS Dikalahkan RANS, Persikabo Selamat dari Kekalahan

Sedang di Atas Angin, Borneo FC Tetap Hormati Arema FC

"Ini pertandingan yang penting buat kami. Kami akan melawan tim yang sangat bagus. (Tapi) Persebaya menanamkan (persiapan) dengan detail bahwa (pemain) harus punya winning mentality di setiap pertandingan yang besar," kata Josep Gombau dalam pre match press conference jelang pertandingan, Jumat (6/10).

Dia mengaku baru mengetahui Persib setelah berada di Indonesia. Namun, dia sudah mendengar nama tim asal ibukota Jawa Barat itu saat dipoles kompatriotnya, Luis Milla Aspas. Hanya saja, Josep Gombau fokus dengan kekuatan Persib saat ini.

Pelatih berusia 47 tahun itu menilai Persib tidak hanya sekadar David Aparecido da Silva yang tengah on fire. Dari 12 laga, dia telah mengemas 8 gol. Bahkan, striker asal Brasil itu baru mencetak hattrick pertamanya ketika Persib membungkam Persita Tangerang dengan lima gol tanpa balas.

"Saya menghormati Persib, mereka memiliki kekuatan yang bagus. Saya tidak akan fokus pada satu pemain saja. Kami tahu tim lawan kuat. Saya rasa ini akan berjalan seimbang. Detail (taktik dan strategi) yang akan menentukan kemenangan," tandas Josep Gombau.

Pada kesempatan yang sama, gelandang Jose Pedro Magalhaes Valente menilai bentrokan dengan Persib merupakan laga penting bagi Persebaya. Pemain yang dikenal dengan nama Ze Valente itu tak mengusung target pribadi di pertandingan tersebut.

"Kami tahu ini super big match untuk pemain, dan juga Bonek. (Karena itu) saya tidak punya target pribadi. Saya bermain sesuai yang dibutuhkan tim. Saya hanya perlu mengikuti instruksi pelatih dan bermain dengan baik," tegas mantan pemain PSS Sleman itu.

Pada laga besok, Bajol Ijo tidak dapat menurunkan bek kanan Arief Catur Pamungkas yang menerima sanksi tambahan hingga empat laga kedepan. Beruntung, kiper Ernando Ari Sutaryadi dan Song Ui-young sudah dapat tampil kembali. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1 Persib Bandung
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan