Gilas Australia, Belanda Tembus 16 Besar

BolaSkorBolaSkor - Rabu, 18 Juni 2014
Gilas Australia, Belanda Tembus 16 Besar
Gilas Australia, Belanda Tembus 16 Besar

Porto Alegre – Belanda menjadi negara pertama yang menginjakkan kaki di fase 16 besar Piala Dunia 2014, setelah menggebuk Australia 3-2 pada matchday kedua Grup B di stadion Beira-Rio, Rabu (18/6) malam WIB.

Arjen Robben, Robin van Persie dan Memphis Depay masing-masing menyumbang satu gol untuk Tim Oranye, sementara Tim Cahill dan Mile Jedinak menjadi pencetak gol negeri Kangguru.

Hasil ini membuat Belanda kokoh di Grup B dengan enam angka. Dengan satu pertandingan tersisa, tak mungkin ada yang menyalip torehan poin mereka. Sedangkan Australia peluang lolos sangat tipis karena belum menuai poin.

Louis van Gaal tetap menggunakan skema 5-3-2, dengan dua wing back Daryl Janmaat di kanan dan Daley Blind di kiri aktif naik-turun membantu serangan dan pertahanan. Sementara Ange Postecoglou tak ingin gegabah dengan formasi 4-5-1, Tim Cahill diplot sebagai penyerang tunggal.

Setelah imbang 1-1 di babak pertama, kedua tim langsung bermain terbuka dan terjadi jual beli serangan. Baru lima menit berjalan, Tim Oranye nyaris mencetak gol saat Wesley Sneijder melepas tembakan spekulasi dari depan kotak penalti. Bola deras ke pojok kanan bawah gawang, masih sanggup ditepis kiper Australia, Matthew Ryan.

Dua menit berselang justru hadir petaka bagi Belanda, ketika Daryl Janmaat melakukan hand ball di kotak terlarang saat berusaha mencegah umpan silang. Wasit Djamel Haimoudi asal Aljazair langsung menunjuk titik putih. Mile Jedinak yang maju sebagai eksekutor, sukses memperdaya kiper Belanda, Jasper Cillessen.

Sengit, keunggulan 2-1 Australia hanya bertahan empat menit. Berawal dari skema serangan apik, Memphis Depay menemukan celah sempit untuk mengirim untuk mengirim umpan terobosan pada Van Persie yang lolos jebakan off-side dan langsung menaklukkan Ryan untuk menyamakan kedudukan. Ini adalah gol ketiga Van Persie, dua sebelumnya ke gawang Spanyol di laga perdana.

Setelah itu Belanda makin menjadi. Memasuki menit 68 Depay yang berdiri bebas melepas tembakan jarak jauh kaki kanan, bola flashing berbelok arah pun menghujam pojok kiri bawah gawang Australia. 2-3 kini Belanda memimpin.

Belanda terus menggempur. Pada menit 73 Ryan harus penyelamatan gemilang ketika menahan tendangan keras Nigel de Jong dari jarak dekat, setelah menerima umpan pendek dari Van Persie.

Meski terdapat peluang di sisa waktu pertandingan, namun skor 2-3 untuk keunggulan Belanda bertahan hingga pluit panjang tanda berakhirnya pertandingan berbunyi.

Starting XI

Australia (4-5-1): Ryan; Mc Gowan, Wilkinson, Spiranovic, Davidson; Jedinak, Mc Kay, Leckie, Bresciano (Bozanic 51’), Oar (Taggart 77); Cahill (Halloran 69’).

Netherlands (5-3-2): Cillessen; Janmaat, Vlaar, De Vrij, Martins Indi (Depay 45+3’), Blind; De Guzmán (Wijnaldum 78’), De Jong, Sneijder; Robben, Van Persie (Lens 87’).

Statistik Babak II

Babak II

Tim cahill Arjen Robben Belanda Australia Louis van Gaal
Ditulis Oleh

BolaSkor

Admin Bolaskor.com.
Posts

11.185

Bagikan