Gibran Pastikan Solo Maju Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 26 Juni 2023
Gibran Pastikan Solo Maju Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023
Stadion Manahan. (BolaSkor.com)

BolaSkor.com - Walikota Solo, Gibran Rakabuming, memastikan Kota Solo maju dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Stadion Manahan sudah siap menjamu tim-tim muda terbaik dari lima benua.

Gibran termasuk sosok yang kecewa berat ketika Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Gibran merasa sudah sangat serius dalam mempersiapkan Solo sebagai host final ajang tersebut

Namun, FIFA sudah membuat keputusan. Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan kini ditunjuk menggantikan Peru jadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

Status tuan rumah ini direspons Gibran dengan mengajukan diri sebagai tuan rumah lagi. Gibran mengaku sudah mendapat informasi dua jam sebelum FIFA melakukan pengumuman Jumat lalu.

Baca Juga:

Timnas Brasil U-17 Bentrok dengan Meksiko dalam Duel Juara Sebelum Tampil di Indonesia

PSSI Ingin Liga 1 Tetap Berjalan saat Piala Dunia U-17 2023


Keinginan Solo menjadi tuan rumah sudah disampaikan ke Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Gibran berani menjamin rumput Manahan akan "unjuk gigi" pada Piala Dunia U-17 nanti

"Saya sudah berkoordinasi dengan pak ketua umum PSSI. Intinya nanti akan ditinjau lagi tentang siapa-siapa saja, kota-kota mana saja yang akan dijadikan venue pada bulan November nanti," kata Gibran Rakabuming, Senin (26/6).

Pada inspeksi terakhir yang dilakukan Erick Thohir belum lama ini, tambahan lampu penerangan di luar stadion menjadi catatan. Gibran mengatakan sudah menyiapkan alokasi khusus untuk memenuhi hal tersebut.

"Manahan sudah siap, tinggal nanti menambah sedikit saja. Nanti saya akan koordinasikan lagi dengan pak ketua umum PSSI dan juga pak Menpora," tutur Gibran.

Gibran tak hanya memikirkan Piala Dunia U-17 2023. Ada juga ajang kualifikasi Piala Asia U-23 grup K yang mempertemukan Indonesia dengan Chinese Taipei dan Turkmenistan pada 6-12 September 2023.

Gibran pun ingin adanya dua ajang tersebut tak membuat Persis Solo terusir dari Solo dalam waktu yang lama. Laskar Sambernyawa akan memulai petualangan di Liga 1 2023-2024 pada Sabtu (1/7) mendatang.

"Nanti akan kami koordinasikan agar musafirnya tidak terlalu lama. Akan kami koordinasikan lagi dengan pak Menteri (PUPR) karena kondisi lapangan sudah siap banget," jelas Gibran.

Stadion Manahan Solo sudah dijajal dua kali dalam uji coba Persis Solo melawan Jeonbuk Hyundai Motors dan Persis Solo melawan Persebaya Surabaya. Dalam uji coba itu, dua pertandingan berjalan menarik karena kualitas rumput yang luar biasa.

Rumput lapangan Stadion Manahan Solo sudah dijahit dengan rumput sintetis. Rumput itu menancap 15 sentimeter ke dalam tanah dan dua sentimeter ke atas. Rumput itu akan memperkuat akar rumput asli di dalam tanah. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Piala Dunia U-17 Solo
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan