Gianni Infantino Terpilih Kembali sebagai Presiden FIFA

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 16 Maret 2023
Gianni Infantino Terpilih Kembali sebagai Presiden FIFA
Gianni Infantino. (FIFA)

BolaSkor.com - Gianni Infantino kembali terpilih menjadi Presiden FIFA. Pria asal Italia itu terpilih secara aklamasi pada Kongres ke-73 FIFA di Kigali, Rwanda, Kamis (16/3).

Artinya, Gianni Infantino kembali menjabat sebagai Presiden FIFA untuk periode 2023-2027. Ia merasa terhormat bisa kembali memimpin FIFA.

“Menjadi Presiden FIFA adalah kehormatan yang luar biasa, keistimewaan yang luar biasa, dan juga tanggung jawab yang besar. Saya benar-benar merasa rendah hati dan tersentuh oleh dukungan Anda, dan saya berjanji kepada Anda bahwa saya akan terus melayani FIFA, melayani sepak bola di seluruh dunia, dan melayani semua 211 asosiasi anggota FIFA," kata Gianni Infantino dalam rilis resmi FIFA yang diterima BolaSkor.com.

Baca Juga:

FIFA Minta Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2040? Exco PSSI Langsung Buka Suara

Resmi, FIFA Menyetujui Piala Dunia 2026 Diikuti 48 Peserta

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Kongres FIFA diadakan di Afrika. Kongres dibuka oleh Presiden Rwanda, Paul Kagame. Dalam sambutannya, Presiden Kagame menyambut delegasi dari 208 anggota asosiasi yang berkumpul ke negaranya, dan mengucapkan selamat kepada Gianni Infantino yang terpilih kembali menjadi Presiden FIFA.

Di masa kepemimpinan Gianni Infantino, Piala Dunia mengalami perubahan format. Ada 48 tim yang menjadi peserta Piala Dunia nantinya, dari 32 tim. 48 tim dibagi ke dalam 12 grup. Masing-masing grup dihuni oleh 4 tim.

Para juara dan runner-up grup lolos langsung ke babak 32 besar. Diikuti 8 peringkat ketiga terbaik. Dari babak 32 besar sampai semifinal menggunakan sistem babak gugur.

Perubahan ini sudah disetujui oleh FIFA Council. Diterapkan langsung pada Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tak hanya itu, Gianni Infantino mendorong Piala Dunia U-17 Putra dan Putri akan digelar setiap tahun. Lalu perubahan format Piala Dunia Antarklub dengan penambahan jumlah peserta.

Gianni Infantino Fifa Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.694

Bagikan