FIFA Minta Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2040? Exco PSSI Langsung Buka Suara

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 15 Maret 2023
FIFA Minta Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2040? Exco PSSI Langsung Buka Suara
Trofi Piala Dunia. (FIFA)

BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, membantah FIFA meminta Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2040.

Sebelumnya, beredar kabar dengan narasi FIFA meminta Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2040. Kabar itu banyak beredar di media sosial, terutama akun-akun Instagram sepak bola.

Kabar ini diklaim dari pernyataan Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI. ErickThohir ketika itu mengatakan hanya berkomunikasi dengan Presiden FIFA Gianni Infantino terkait Piala Dunia 2040.

"Diskusi bapak Presiden dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, ketika ada di G20 salah satunya Indonesia diharapkan bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2040," tulis pernyataan yang beredar.

"Untuk itu, kita harus punya blueprint menuju 2040, apakah itu di program, di infrastruktur, atau mendorong percepatan Timnas atau pembinaan secara menyeluruh." lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga:

Kunjungi Gelora Bung Tomo, Erick Thohir: Ini Salah Satu Stadion Terbaik

Jelang Piala Dunia U-20 2023, Erick Thohir Sebut Kondisi SUGBK Memprihatinkan

Arya Sinulingga langsung membantah hal tersebut. "Jadi sampai hari ini belum ada keputusan apa pun dari FIFA mengenai penyelenggaraan Piala Dunia 2040. Jadi informasi yang mengatakan FIFA meminta Indonesia jadi tuan rumah tidak benar," kata Arya Sinulingga di forum wartawan.

Piala Dunia sendiri digelar dalam kurun waktu empat tahun sekali hingga sejauh ini. Tidak ada Piala Dunia 2040, yang ada hanya Piala Dunia 2038, 2042, dan seterusnya sejauh ini.

Terdekat, Piala Dunia akan digelar pada tahun 2026, di mana Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko menjadi tuan rumah bersama. Hanya format berubah dari 32 tim peserta menjadi 48 tim peserta.

Ini berdasarkan keputusan FIFA Council, dalam FIFA Council Meeting di Kagali, Rwanda, Selasa (14/3). Dalam rilis FIFA yang diterima BolaSkor.com, nantinya 48 tim dibagi ke dalam 12 grup. Masing-masing grup dihuni oleh 4 tim.

Para juara dan runner-up grup lolos langsung ke babak 32 besar. Diikuti 8 peringkat ketiga terbaik.

Arya Sinulingga Pssi Piala Dunia Breaking News Fifa
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.174

Bagikan