Gara-gara Madrid, Francesco Totti Nyaris Khianati AS Roma

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 09 Oktober 2021
Gara-gara Madrid, Francesco Totti Nyaris Khianati AS Roma
Francesco Totti (Twitter)

BolaSkor.com - Kesetiaan Francesco Totti kepada AS Roma tak perlu diragukan lagi. Meski begitu, yang bersangkutan ternyata pernah tergoda untuk berpaling ke klub lain.

Roma merupakan satu-satunya klub yang diperkuat Totti dalam karier sepak bolanya. Ia memperkuat klub ibu kota Italia itu selama 25 tahun.

Tak heran jika Totti dianggap sebagai simbol dari AS Roma sendiri. Meskipun ia hanya mampu mempersembahkan lima trofi saja dalam periode tersebut.

Baca Juga:

Francesco Totti Dipaksa Pensiun, Pelakunya Menyesal

Francesco Totti Punya Sedikit Penyesalan dalam Karier Sepak Bolanya

Mereka yang Tak Disangka Pernah Main Bersama: Ada Totti dan Guardiola

Francesco Totti

Kesetiaan Totti kepada Roma tidak diukir dengan mudah. Pasang surut dalam hubungan ini sempat membuat keduanya nyaris berpisah.

Dengan kualitasnya, Totti menjadi buruan klub-klub besar Eropa. Bayaran yang lebih besar dari yang diterima di Roma siap diberikan kepadanya.

Sementara itu, Roma juga tak selalu menjadi penantang gelar juara. Ada kalanya rival sekota Lazio tersebut menjalani masa-masa sulit.

Totti mengaku nyaris meninggalkan Roma pada musim panas 2006. Pesona Real Madrid sempat membuatnya tergoda.

“Real Madrid adalah satu-satunya tim lain yang bisa menjadi tempat saya bermain. Saya pikir ini satu-satunya tim yang mungkin (selain Roma)," kata Totti kepada Guardian.

“Katakanlah bahwa ada beberapa hari di mana kita memiliki satu kaki untuk bertahan dan satu kaki untuk pergi. Kemudian, saya sering dan jujur mengatakan bahwa pilihan untuk tetap bersama Roma dibuat dari hati."

"Pada saat-saat itu, saya merasa tidak bisa pergi," tambahnya.

Musim panas 2006 memang sangat berkesan bagi sepak bola Italia. Saat itu Gli Azzurri mampu menjuarai Piala Dunia meski diterpa skandal Calciopoli.

Totti mungkin berpikir skandal tersebut sebagai alasan untuk meninggalkan Serie A. Ia juga memikirkan faktor keluarga.

“Pengalaman di negara yang berbeda bisa menjadi sesuatu yang indah bagi semua orang. Untuk saya dan keluarga," kata Totti lagi.

Namun pada akhirnya Totti tetap bertahan di Roma. Ia kemudian gantung sepatu secara tragis pada 2017 karena kontraknya tak diperpanjang manajemen.

Francesco Totti AS Roma Real Madrid Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan